December 14, 2012

Belajar blogging di beberapa platform blog

Jika ada yang bertanya, berapa blog yang kau miliki..??  Maka saya akan berkata banyak. Ya memang banyak, orang sudah pasti bisa menebak, bahwa orang yang mempunyai banyak blog adalah orang cenderung dan bisa di katakan sebagai orang yang  tak terlalu konsisten dalam ngeblog, tidak  semua sih begitu, karena banyak juga  sih orang lain punya banyak blog, tetapi menjadi blogger  sukses. Harus di bahwa blog memang identik dengan menulis, dan saya tipe orang yang tak terlalu konsisten menulis, paling banter curhat-curhat doang, hanya sesekali nulis hal-hal serius (kalau lagi mood), sayangnya mood tersebut jarang sekali muncul, jadi sebagian besar  tulisan di blog ini adalah catatan harian (curhat doang).

Bukan tipe orang yang konsisten dalam ngeblog, ya,  tepatnya suka melakukan eksperimen pada sesuatu yang berbeda, khususnya yang berhubungan dengan blog, sehingga saya selalu berusaha mencoba dan membuat blog dengan berbagai platform, ya sekedar untuk memuaskan keingintahuan (bukan untuk jadi  mahir apalagi jadi master) terhadap kinerja dan cara menggunakan berbagai platform blog. Saya mengembara blogging dari Blogspot, Wordpress.com, Worpress.org (hosting dan install wordpress sendiri), Multiply, Webly, Kompasiana dan Blogdetik, dan kemudian berlabuh kembali ke blogspot.  

Saya memutuskan kembali ke blogspot karena beberapa alasan yang menurut saya mendukung dan memudahkan saya dalam mengelola blog, di antaranya :

Pertama : Memudahkan mengelola thema/template/tampilan semau dan sekehendak pemilik akun, dengan akses yang mudah untuk pemula ataupun yang master, dengan adanya fasilitas editing HTML (edit Code) template, serta editing real time untuk pemula, juga adanya fasilitas pratinjau setelah melakukan editing koding html, untuk memastikan hasil editan baik atau sejelek sebelum di publis (finising). Yang lebih menarik dari sisi tampilan, adalah banyaknya template yang bisa kita unduh (download  gratis) free, dan bisa kita upload semau kita, tinggal memilih template yang kita inginkan dari penyedia template gratis ya ada.

Kedua : Adanya fasilitas costum domain, yang artinya kita di beri kebebasan untuk mengganti subdomain blogspot (alamat blog)  menjadi domain (bisa alamat blog sesuai nama kita) seperti  yang kita inginkan, sehingga blog kita terlihat lebih professional.

Ketiga : Adanya fasilitas impor, export dan hapus blog, kita bisa memindahkan seluruh isi blog kita ke blog yang lain dengan platform sejenis (blogspot), seperti yang saya lakukan, kemudian kita bisa menghapusnya,  jika kita menginginkannya ( seperti yang saya juga  lakukan). Dan yang menarik juga dari sisi menghapus blog, blogspot juga memberi kita rentang waktu 90 hari setelah blog tersebut kita hapus, dengan tujuan, jangan sampai kita berubah pikiran dalam rentang waktu 90 hari, dan kita bisa mengembalikan blog yang kita hapus seperti semula sebelum 90 hari, setelah melewati rentang waktu tersebut, blog kita terhapus  permanen (tak bisa lagi di kembalikan)

Keempat : Posting tulisan juga mudah, karena juga di sediakan fasilitas draf, jadi kita bisa menyimpan tulisan  sebelum kita terbitkan, dan akan di terbitkan sesuai tanggal waktu kita simpan pertama kali.

Saya kira banyak hal yang bisa di sebutkan dari sisi kelebihan blogspot di banding yang lain, dari segi pengalaman saya tentunya, mungkin yang lain juga punya pengalaman berbeda dengan saya, jadi bukan maksud saya untuk menjelekan platform blog yang lain, sama sekali tidak, karena bagaimanapun setiap orang pasti punya pengalaman dan cara pandang yang berbeda, bahkan untuk satu persoalan yang sama.

# Salam and Enjoy Blogging  #

Sumber gambar :
  • http://jasapembuatanblog-murah.blogspot.com/p/paket-blog.html
  • http://nopassiveincome.com/blogging-tips-for-an-irresistible-list-post/

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Belajar blogging di beberapa platform blog ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari December 14, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Belajar blogging di beberapa platform blog Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

4 comments:

  1. blogger emang paling keren mas, d bawa ke mana aja bisa,hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal.
      Setuju mas, sampai sekarang saya masih betah di sini
      Salam

      Delete
  2. Tanks Gan.... Saya minta ijin coba pratekan d blogg saya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal.
      Thank's atas kunjungannya, Silahkan :)
      salam.

      Delete

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email