December 30, 2012

Antara blog komunitas dan blog personal

Anda mungkin tahu apa yang saya maksud dengan blog komunitas (kroyokan) dan blog personal (pribadi) ? dua kategori blog yang sering kita jumpai, tetapi blog komunitas (kroyokan) yang saya maksud bukan bentuk blog yang di tujukan untuk suatu komunitas tertentu, misalnya komunitas Anging mamiri (komunitas blogger Makassar) mempunyai blog komunitas yang beralamat di www.angingmamiri.org, tetapi masih berkarakter engine (CMS) personal, yang berbasis worpress.org, meski ada beberapa admin  yang mengelolanya. Tetapi yang saya maksud blog komunitas (kroyokan) tersebut memang mempunyai engine (CMS) yang bersifat sharing system (terbuka), di mana orang-orang yang mempunyai akun di blog engine (CMS) komunitas tidak perlu melakukan aktivitas seo, karena sudah di lakukan oleh blog engine system (CMS) yang bersifat sharing and connecting tersebut, dengan menampilkannya pada widget (istilah pada blog personal atau pribadi) pada feature recent post (postingan terbaru), trending topic (popular post).

Blog komunitas (kroyokan) dan blog personal (pribadi),  kelebihan serta kekurangan masing-masing, di antaranya :

Pertama : Tulisan kita bisa di baca oleh banyak orang, karena akan di tampilkan di halaman utama blog komunitas yang di index (diurut)  berdasarkan waktu postingan, sehingga bisa di lihat oleh pengunjung atau yang memiliki akun di blog komunitas tersebut (seperti blogdetik dan kompasiana). Hal yang berbeda bila di blog pribadi, kita harus memasarkannya sendiri postingan kita untuk sehingga bisa di baca oleh orang lain.

Kedua :   Di blog pribadi, kita membutuhkan strategi pemasaran blog kita, baik dalam hal seo, submit ke social network, di rectory dll, jadi kitalah yang yang sangat berperan untuk memperkenal blog kita agar tulisan-tulisan kita bisa di baca oleh orang lain. Hal yang berberbeda jika di blog komunitas, semuanya di lakukan oleh admin atau sistemnya, jadi yang perlu dilakukan adalah membuat konten dan judul yang memikat sehingga bisa menarik pembaca ketika di tampilkan di kanal recent post (tulisan terbaru) di halaman utama blog komunitas.

Ketiga : di blog komunitas tulisan kita bisa di hapus sepihak oleh admin bila di anggap melanggar ketentuan yang berlaku di blog komunitas tersebut dan hal tersebut akan membatasi kebebasan kita untuk mengekspresikan apa yang kita ingin tulis, berbeda jika di blog personal, kita bisa menulis sesuka kita tanpa ada batasan yang menghalangi.

Keempat : blog komunitas (seperti kompasiana), kita tidak bisa melakukan personalisasi tampilan (template) blog semau kita, hal yang berbeda jika di blog personal, kita bisa merubah dan mendesain ulang semau kita.

Yang jelas, di blog personal kita bisa belajar banyak hal yang tidak kita bisa kita  dapatkan di blog komunitas (kroyokan), seperti belajar html,css, mendesain blog, pemasaran blog sampai pada moneytize blog, hal yang sama juga  berlaku pada  blog komunitas (Blog kroyokan), kita belajar tentang banyak hal,  seperti belajar membuat tulisan yang lebih objektif,  bersosialisasi dengan member yang lain dengan beragam karakter dll. Tetapi akan lebih baik, jika kita memiliki  keduanya, punya blog personal (pribadi) dan blog komunitas (kroyokan), karena akan saling mendukung satu satu sama lain.



Sumber gambar 1 dan 2

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Antara blog komunitas dan blog personal ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari December 30, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Antara blog komunitas dan blog personal Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

10 comments:

  1. Kalo blog komunitas sih fungsinya lebih ke arah jaringan. Maksudnya lebih ke arah pertemanan. supaya lebih banyak teman, lebih banyak ilmu lagi dari user lain, berbagi tips. Hasilnya blog pribsdi semakin populer

    ReplyDelete
  2. @Beckinspiration, aku lebih suka blog personal...karena lebih pribadi dan mau posting apapun juga boleh, yg penting bermanfaat...hehee :-)

    ReplyDelete
  3. sepakat blog pribadi lebih flexibel

    ReplyDelete
  4. Selamat malam gan, dari sebuah diskusi di forum blogger berbahasa Inggris saya pernah membaca bahwa beberapa blogger dengan sengaja membuat blog multi author (guest posting blog) sebagai trik untuk meraih populeritas dan traffic yang tinggi dalam tempo singkat.
    Sebuah trik yang sangat cerdas, tentu saja, tapi yang jelas bukan karena itu saya membuat situs Direktori Blog Indonesia yang saya garap bersama beberapa guest blogger. Ada yang berminat menjadi author kehormatan Direktori Blog Indonesia? Silahkan mampir ke fans page kami di Facebook maupun Google+ dan sampaikan niat baik anda di sana.. Salam sukses..

    ReplyDelete
  5. Wah, Mantab Banget nih Arikelnya :)
    Memang kita harus bnayk komunitas biar bisa saling akarab yah
    Sukses yah ! :)
    Salam Super Batu Alam
    Semangat

    ReplyDelete
  6. This blog is very good for the growth of my new site, I am very grateful for many yea arrival of the owner of this blog because I am allowing the link here, to hope his boss is always healthy, amen
    www.newsepatu.com

    ReplyDelete
  7. Thanks.. sangat bermanfaat, salam kenal..
    Trik Terkini

    ReplyDelete
  8. Iya mas lebih bagus blog personal lebih bebas kita mengekspresikan diri

    ReplyDelete
  9. keren mas ,,boleh tukar link ga mas,,buat di pasang di blog ku,traficnya keren :)
    http://silokaliku.blogspot.com

    ReplyDelete

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email