October 12, 2012

Tentang saya, tentang kita, Mahasiswa Makassar

Saya tak habis pikir mengapa Makassar begitu hot dan makyus bagi media, begitu hal- hal  seputar aksi atau insiden terjadi di makassar, maka masyarakat akan di brondong dengan berbagai liputan dan pemberitaan yang menyangkut aksi dan insiden tersebut, seakan media menunggu kejadian-kejadian itu, begitu muncul  langsung di santap dengan lahap untuk di liput,  kemudian di siarkan kepada pemirsa. Mungkin itu hanya pikiran subyektif saya, sebagai warga yang bermukim di Makassar, yang sebenarnya ingin dan berharap, bahwa apa yang muncul di media pemberitaan adalah hal-hal yang baik-baik saja, karena bagaimanapun apa yang di tampilkan di media tersebut adalah  tentang saya, tentang kita.

Bertanya dan bertanya, sepertinya akan selalu menjadi bagian yang  ada dalam benak  kita, begitu melihat suatu pristiwa dan kejadian yang ada di sekitar kita. Perhatian yang ada adalah momen berharga bagi kita untuk memetik pelajaran dan hikmah yang berharga dari beragam kejadian dan peristiwa, baik yang tidak di inginkan maupun yang tak diharapkan.

Sebelumya saya turut sedih dan prihatin atas kejadian yang banyak menimpa teman-teman Mahasiswa di makasar, keprihatinan adalah bentuk perhatian dalam menyikapi kejadian-kejadian yang ada, khususnya dunia kampus dan mahasiswa. sebagai orang yang pernah aktif dan bergelut di dunia kampus (mahasiswa), kejadian-kejadian akhir-akhir ini yang terjadi di lingkungan kampus, menjadi sebuah bahan kontemplasi dan renungan, ada apa dengan kita, Mahasiswa Makassar..??

Mungkin kita patut berbangga jika kita di sorot, karena prestasi yang baik, sikap kritis, dan terdepan dalam perjuangan-perjuangan hak-hak rakyat, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, hal tersebut jauh dari yang di harapkan, bahkan sebagian  media, social media dan portal online banyak  memuat tentang  berita dan  insiden yang terjadi di Makassar, yang melibatkan mahasiswanya, yang  seringkali menjadi sorotan utama, menjadi sasaran empuk  liputan berbagai media, dengan gaya pemberitaan yang terkesan subyektif, walaupun aksi serupa sering terjadi di kota dan kampus lain, serasa bahwa apapun yang terjadi di Makassar yang melibatkan mahasiwanya, merupakan hal yang menyedot perhatian utama para kuli berita untuk mengumpul dan menyiarkan hasil liputannya. Bisa di prediksi bahwa respon pembaca terhadap berita/liputan tersebut bermacam-macam, dari  yang prihatin, mencela dengan gaya menggeneralisasi, mengejek, dan bersikap kritis.

saya pribadi menilai, bahwa tak ada yang perlu di salahkan atau dikambinghitamkan sepenuhnya, bahwa karena ini dan itu, pada dasarnya memang  ada fakta real di lapangan, tak ada asap maka tak ada api, begitulah sebuah analogi yang sering saya dengar tentang prinsip sebab akibat dari sebuah kejadian yang disangsikan. kita disini mesti bercermin diri dan memahami bahwa memang ada hal-hal yang terjadi didalam diri kita yang tak bisa kita kendalikan dan kontrol sepenuhya, apa lagi yang diluar diri, tetapi kita bisa menyiasati dampak yang mungkin muncul, semisal dampak dari pemberitaan tentang Mahasiswa Makassar yang sudah terlanjur kurang bagus, maka kita bisa memberikan pencerahan tandingan tentang seputar Mahasiswa Makassar, yang bisa  dalam bentuk  opini ataupun repotase, baik itu di blog, media cetak atau portal online, bahwa mereka hanya oknum dan segelintir orang, dimana yang baik dan berprestasi begitu banyak,   atau dengan  memperlihatkan karya nyata, bahwa saya begini loh..!!

Mari teman-teman semua, kita perlihatkan karya nyata,  yang berdampak baik bagi semua..!!!

Sumber gambar :

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Tentang saya, tentang kita, Mahasiswa Makassar ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari October 12, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Tentang saya, tentang kita, Mahasiswa Makassar Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email