September 13, 2012

Tanggung Jawab [Ah] kaum Muda

Sebuah berita menarik saya baca  hari ini, di Kompas Cetak dan Onlinenya, yang memuat sebuah News yang mewawancarai seorang muda belia asal palestina, yang menjadi wali kota termuda di dunia, dalam usia 15 tahun, dia bernama  Bashaer Othman, Di usianya yang masih 15 tahun dan masih berstatus  pelajar  kelas I SMA Palestina ini,  sudah diberi jabatan publik sebagai Wali Kota Allar, Tulkarm, Tepi Barat, Palestina.

Bashaer diberi kesempatan memimpin Kota Allar selama dua bulan, di bawah bimbingan Sufian Shadid, Wali Kota Allar sebenarnya, setelah ia terpilih dalam program pemberdayaan kaum muda Pemerintah Palestina.

Tentu unik sebuah kota dipimpin oleh perempuan yang masih berusia di bawah 17 tahun. Terlebih lagi, Bashaer harus memikul sejumlah tanggung jawab berat mengatasi semua hal terkait Kota Allar, termasuk mengawasi karyawan dan menandatangani semua dokumen resmi, kecuali dokumen keuangan. Uniknya lagi bahwa pemudi ini sangat kagum dan mengaku terinspirasi oleh Bung karno, yang baginya merupakan sosok besar yang mendukung kemerdekaan dan kedaulatan bangsa palestina, disana ia lebih di kenal dengan nama Ahmad Soekarno, sepertinya saya juga terinspirasi seperti dia, namaku  juga ada  [Ah]mad-nya..hehe

Lalu dimanak [Ah] kita kini
Saya teringat dengan ungkapan Bung  Karno yang sangat terkenal,  tentang potensi dan kekuatan kaum muda, dia berkata Berilah aku 10 pemuda, maka aku akan memindahan gunung itu. Perubahan apapun didunia selalu dimulai dengan pergerakan dan dinamisasi generasi muda, kejatuhannya pun selalu di mulai dengan mandeknya kaum muda. Tidak ada satupun negara di dunia yang tidak berinvespestasi untuk menumbuhkembangkan potensi kaum mudanya, harapan dan keberlangsungan ada di pundak kaum muda, merekalah yang akan melanjutkan tongkat estafet perjalanan sebuah negara.

Hal itu ternayata menjadi perhatian serius pemerintah Palestina untuk memberi ruang bagi kaum mudanya untuk belajar lebih banyak tentang beragam aspek yang berhubungan dengan kenegaraan, dengan melakukan seleksi ketat untuk memulih 1  orang untuk menjadi walikota selama dua bulan, dengan memberi tanggung jawab sepenuhnya untuk mengelola pemerintahan selama jangka waktu tersebut, sebuah jalan untuk mengenalkan kaum muda untuk belajar mengenai tanggungjawab yang lebih luas, bukan hanya untuk pribadinya sendiri.

Sebuah contoh menarik saya kira, jika pemerintah sangat peduli dengan para generasi mudanya, di indonesia, pemerintah telah membentuk lembaga-lambaga dengan programnya untuk mengembangkan kemampuan leaderhip dari generasi muda. Bagaimanapun program seperti itu harus terus berkesinambungan untuk membangun SDM yang kelak menjadi tulang punggung bangsa.

Di satu sisi, ada hal yang ironis juga terjadi di sekitar kita, sebagian kari kaum muda kita terjebak dalam lingkungan yang memberangus potensi-potensi mereka, hidup dalam masyarakat yang cenderung hedonistik dan permisif serta egoistik, mulai mengikis rasa tanggung jawab dan kepedulian pada dunia sekitar, sehingga perkembangan kaum muda mungkin akan terhambat dalam situasi dan lingkungan yang tidak kondusif bagi perkembangan  jiwa kaum muda.

Kaum muda memang seharusnya memliki kepedulian yang yang besar pada agama, bangsa dan negaranya, karena hancur tidaknya suatu bangsa, sangat tergantung bagaimana iklim di suatu negara memberi ruang yang seluas-luasnya bagi perkembangan jiwa pemuda-pemudanya.

Program-program pemberdayaan kaum muda di Indonesia belumlah tergarap secara optimal, perhatian pemerintah juga tak terlau signifikan, memang ada menteri pemuda dan olah raga yang menguusi tentang pembinaan olah raga dan pemberdayaan kaum muda, hal itu patut di syukuri, tetapi  sering kita lihat bahwa tak adanya kesimambungan atau kontinuitas jangka panjang dari berbagai program yang di luncurkan, terasa ada kepentingan politik sesaat yang mendompreng program-program tersebut tersebut.

Majul[Ah]  Kaum Muda Indonesia..!!

Sumber referensi dan inspirasi :

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Tanggung Jawab [Ah] kaum Muda ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari September 13, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Tanggung Jawab [Ah] kaum Muda Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

2 comments:

  1. wali kota muda, yg cantik, energik en pinter :)

    numpang komen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal.
      Betul, memang kapasitas memimpin memang bukan menopoli laki-laki, walaupun beberapa pemahaman tak memberi toleransi pada pemimpin wanita.
      salam

      Delete

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email