September 18, 2012

Tak Terpisah, Kegagalan dan Keberhasilan

Kita mungkin pernah melakukan suatu pekerjaan atau aktivitas yang kita harapkan memberi hasil yang baik/maksimal, akan tetapi kenyataan berbicara lain dan jauh dari yang dihrapkan, lantas hal tersebut sangat berbekas dalam diri kita, Sangat sulit bagi kita untuk menerima hal tersebut,  biasanya kita  cenderung untuk menyalahkan diri, bahkan menganggap diri  tak berarti, pada akhirnya kita stress sendiri.

Masalah memang bagian yang tak terpisahkan dari diri kita,  dan bila masalah sudah menjauh,  alamat usia kita sudah tutup, karena itu tinggal menikmati apa yang telah kita usahakan di dunia, siapapun pasti pernah mengalaminya. Kita sering beranggapan bahwa  kegagalan adalah musuh utama yang harus di hindari, dan memang tak salah, akan tetapi pada dasarnya  keberhasilan dan kegagalan, secara potensial ada pada diri kita. Suatu waktu kita bersua dengan kegagalan, di lain hari, keberhasilan  akan mendatangi, tergantung seberapa kuat kita bertahan dengan saudara kegagalan.

Banyak orang mungkin mengatakan ketika menemui kegagalan,  bahwa kita tak membuat perhitungan yang matang ketika mengerjakan sesuatu, sehingga hasil yang di dapat tak sesuai keinginan. Pada dasarnya ada benarnya, tapi kita  juga jangan sampai terlena bahwa kita selalu dalam kondisi yang kurang untuk memahami sekitar kita, makanya jangan terpaku pada hasil yang akan didapatka nantinya, tetapi pada proses yang dijalani,  makanya dlalam agama selalu di anjurkan untuk belajar, belajar kamu dari buaian smapai keliang lahad. Dengan belajar,  kita bisa meningkatkan kualitas prilaku/tindakan atau kapasitas intelektual kita.  Sehingga apa-apa yang kita lihat, bahkan di rasakan bisa menjadi sumber pembelajaran dan pengetahuan, yang  mendorong diri untuk terus mempelajari/memahami  makna  di balik setiap kejadian, Seperti  kegagalan misalnya.  Dunia akan lebih dipahami  ketika kita mampu menyakinkan diri, bahwa hanya dengan menjadi  pembelajar seumur hidup, kita dapat menakukan  segala hal, yang mungkin diketahui oleh manusia.

Banyak contoh konkret dan nyata yang bisa kita jadikan sebagai teladan menghadapi kegagalan,  dimana orang tersebut justru di besarkan/dibentuk oleh apa yang kita  lihat sebagai kegagalan, bagi orang-orang itu, kegagalan hanya menjadi eksis, jika kita selalu memberi perhatian yang lebih pada kejadian yang kita persepsikan sebagai kegagalan.

Kita pasti mengenal  Jhon F Kenedy,  Presiden  Amerika yang sangat terkenal itu. Dia memulai karir poltiknya dari daerah setingkat kabupaten, dan  mencalonkan diri menjadi  kepala di daerah tersebut, dan dia tidak terpilih, ia kemudian berpiikir bahwa bukan daerah kabupaten tempatnya menjadi pemimpin, tetapi di tingkat propinsi/ gubenuran,  diapun ikut di pemilihan  Gubernur, tapi apa yang terjadi, ia pun tak terpilih Lagi,  Ia berpikir lagi, bahwa Gubernur bukan tempat yang sesuai dengan kapasitas dirinya, Tapi  President, ia pun  mencalonkan diri menjadi kandidat President, dan selnjutnya menjadi President yang selalu di kenang, baik karena kisahnya yang penuh hikmah, juga karena program-programnya saat menjabat menjadi President. Apa yang terjadi seandainya ia memberi perhatian yang lebih pada ketidakterpilihannya, Mungkin kita tak akan melihat Amerika seperti sekarang ini..??

Penghargaan pada dirilah yang mendorong kita lebih  dekat  pada keberhasilan, dan melihat kegagalan sebagai tangga yang mengarahkan  pada keberhasilan. Seperti kata Thomas Alfa Edison, kala ditanya seorang  jurnalis tentang perihal percobaannya yang gagal  lebih dari 100 kali, dia hanya berujar bahwa Saya tidak pernah merasa gagal dalam percobaan itu, saya justru menemukan 900 lebih  cara lampu Bohlam tidak menyala. Maka benarlah kata-kata bijak yang mengatakan, ketekunan/keuletan/kesabaran jauh lebih berarti dari sekedar kecerdasan.  



Sumber gambar :

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Tak Terpisah, Kegagalan dan Keberhasilan ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari September 18, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Tak Terpisah, Kegagalan dan Keberhasilan Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

2 comments:

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email