September 08, 2012

Karena Ilmu harus di Tulis ( Part 1)

Kemarin, saya membuka website kampus saya (UMI), dan seperti biasa,saya membaca setiap berita yang baru, atau belom pernah saya baca sebelumnya, karena terlalu sering admin website tersebut  memposting beberapa berita (news) dalam satu hari, jadi terkadang saya tak sempat mengunjunginya dalam satu hari, kemudian besoknya sudah ada beberapa berita yang belum terbaca oleh saya.  Dan tentunya bahwa berita-berita tersebut  terkait  dengan segala kegiatan yang berlangsung di kampus saya tersebut.

Sebagai salah seorang warga UMI, tidak ada  salahnya untuk membuka dan mengunjungi  serta melihat-lihat website tersebut, sebagai bentuk perhatian kepada segala hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang berlangsung  di  kampus saya tersebut. Ketika mampir di Website tersebut  sesekali member komentar pada sebuah berita yang saya anggap menarik, sebagai bentuk kritikan, saran atau apresiasi terhadap hal-hal yang saya anggap perlu.

Ada Sebuah berita menarik dari website  UMI, dimana sang admin  memposting sebuah berita  (News), yang isinya tentang kegiatan yang dilakukan LP2S UMI, ia merupakan salah satu lembaga dalam lingkup umi yang bertanggung jawab menangani masalah penelitian dan pengembangan sumber daya manusia. Lembaga ini  mengadakan  Pelatihan Penulisan Jurnal dan Buku Ajar, yang di ikuti oleh  dosen tetap UMI, yang di adakan setiap tahunnya.  Acara tersebut  di pandu oleh beberapa guru besar dalam lingkup UMI,  salah satu diantaranya  adalah dosen  jurusanku. Bagi  saya,  sebagai salah satu i warga UMI,  hal tersebut merupakan hal yang menarik, kalau melihat konteks kampus tersebut,  juga karena saya sedang bersemangatnya mengasah kemampuan menulis di blog ini.  Saya Kemudian memberi komentar yang cukup panjang pada postingan tersebut, yang langsung terpublikasi keakun facebook saya, dua paragrap di bawah ini, merupakan komentar saya di website tersebut.

 Ikatlah Ilmu dengan menuliskannya, kata bijak dari Sayyidina Ali. RA. Ada apa dengan menulis..?? Dari SD kita sudah di ajari untuk mengeja dan menuliskan kata, membuat proposisi dan pernyataan, sehingga apa yang kita tulis, mempunyai makna, dan bisa di pahami oleh orang lain. Bagi saya kemampuan menulis sebagai bentuk lomunikasi ide-ide kita dalam bentuk tulisan, tidaklah semata-mata di bentuk oleh pendidikan formal, tapi pembiasaan untuk menuliskan gagasan-gagasan kita, ia juga sebentuk kraetiviitas, yang memerlukan jam terbang, dengan terus-menerus mengasahnya, sehingga menemukan bentuk terbaiknya.

Dalam menulis memang ada kriteria tentang  tulisan ilmiah dan populer, akan tetapi, seringkali kita terpaku pada pakem tulisan ilmiah yang kaku, dengan data-data  yang bertebaran. Apa jadinya jika kita tidak bisa keluar dari pakem tersebut.  Saya kira kita ingin sebuah produk tulisan  bisa di nikmati/dibaca oleh khalayak yang lebih luas, bukan cuma bertumpuk di perpustakaan, kemudian lapuk dimakan rayap. Kecerdasan dan analisa yang tajam, tidak cukup berarti,  jika kita tak bisa menuangkannya dalam format tulisan yang komunikatif dan mudah dipahami.  Kita sepatutnya bisa memanfaatkan media-media publikasi yang ada, untuk menguji kemampuan menulis kita, apakah di media cetak, seperti koran dll, atau dalam blog-blog pribadi kita. Hal yang baik saya kira, karena Website UMI sudah menyediakan Webblog yang bisa  kita gunakan  untuk mengasah kemampuan menulis dari anggota civitas akademika UMI. Jangan sampai kita  berhenti pada forum pelatihan saja”

Mudah-mudahan komentar saya diatas, bisa saya kembangkan menjadi tulisan berseri di blog ini, dengan menggali lebih dalam tema dan  permasalahan yang saya angkat, Dan saya akan lanjutkan pada postingan berikutnya.

Sumber gambar :

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Karena Ilmu harus di Tulis ( Part 1) ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari September 08, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Karena Ilmu harus di Tulis ( Part 1) Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

4 comments:

  1. benar juga kawan,,,selain dengan menulis bisa berbagi manfaat kepada orang lain...juga bisa sebagai arsip..sebagai bukti bahwa inilah sumbangsih kita dalam pengetahuan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam.
      Thank,s telah berkunjung kawan, lama baru aktif ngeblog lagi, pas aktif ngeblog, ehh ngurusin blog baru ini, blog yang lama jadi terbengkalai..
      salam.

      Delete
  2. Masya Allah, yaa karena ilmu itu memang harus diikat dengan tulisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam.
      Thank's Mbak, karena telah berkunjung kesini, semoga silaturahmi bisa terjaga. Amin.
      Salam.

      Delete

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email