September 23, 2012

Blog personal yang lebih personal

Membuat blog sebenarnya  gampang, tapi mengelola blog dengan konsisten,  perlu kesabaran dengan sedikit sentuhan kreatifitas

Saya telah menjalani aktivitas ngeblog yang bisa dikatakan cukup lama, sekitar setahun yang lalu dan merasa belum mendapatkan apa-apa. Ada beberapa blog yang sudah tenar, yang hampir bersamaan saya membuat blog, tapi mereka cukup konsisten dan kreatif mengelola blognya, jadinya blog mereka lebih baik. selama ini saya hanya mengelola blog dengan asal-asalan, sekedar mengisi postingan yang bertumpuk dari kumpulan artikel koleksi dari komputer saya, walaupun saya memberi perhatian yang lebih pada desain templatenya, tetapi hal tersebut kurang maksimal untuk membuat blog menjadi lebih baik. Konsep saya  dahulu dalam ngeblog,  belum sepenuhnya berubah, karena saya selau binggung menentukan konsep blog personal seperti apa yang saya inginkan, dan pada postingan kali ini saya mencoba mengurai kekusutan konsep saya tentang blog personal.

Saya mencoba memetakan tipe blog personal menjadi dua macam, Pertama : blog personal yang lebih personal,  misalnya dengan personalisasi tampilan dan isinya, seperti menambahkan foto sendiri di bagian header blog, atau memposting tulisan yang berupa curhat dll Kedua : blog personal yang lebih  profesional, misalnya profesionalisasi tampilan dan isinya,   seperti tampilan header atau deskripsi blog  yang tak mencerminkan karakter pembuat blog, atau isinya yang memuat tentang hal-hal yang objektif, seperti tips dan trik atau opini dll. Saya  membuat kategori ini berdasarkan pengalaman menekuni aktivitas ngeblog selama ini. Bagi saya kategori seperti ini memang perlu, untuk mengetahui blog seperti apakah yang sebenarnya kita inginkan.

Seorang blogger bisa saja menggabungkan kedua tipe yang saya maksud dalam satu blog, saya pribadi sangat susah untuk menerapkannya,sehingga saya memilih meninggalkan blog saya yang berkarakter lebih profesional, dan  meprioritaskan   mengelola blog ini yang berkarakter sangat personal. Menemukan tipe blog yang benar-benar kita inginkan bagi saya pribadi sangat susah,  sehingga itulah yang membuat saya membuat blog di berbagai platfom blog.  Saya pernah membuat blog di Wordpess.com, Wordpress hosting, Multifly dan Kompasiana, dan yang bertahan dan rutin saya  update sampai sekarang hanya blog ini, juga  blog saya yang lain di blogspot, di update sekitar 2 bulan lalu.

Membuat blog yang lebih personal yang sesuai dengan karakter kita gampang susah, seperti personalisasi template, saya membutuhkan waktu yang lama untuk menemukan karakter blog dengan template yang benar-benar saya sukai. Memang  harus ekstra,  jika kita menginginkan tampilan blog yang sesuai selera kita.  Memang banyak template blog yang bisa di unduh secara gratis yang banyak tersedia, tetapi jika ingin kita ingin lebih banyak tahu tentang htm dan css, maka menggnakan template unduhan, tidak akan pernah memuaskan hasrat kita,dan itulah yang saya alami, bahkan saya pernah mengganti template blog sekitar 10 kali sehari, bagi orang lain itu mungkin membosankan, tapi saya saat itu tak pernah merasa jenuh, karena saya menginginkan tampilan blog yang betu-betul sesuai dengan selera saya. saya memutuskan untuk tidak menggunakan template unduhan, karena merasa tak mendapatkan apa dari menggunakan template tersebut, dan mencoba memodifikasi template blog bawaan blogspot dan hasilnya di lihat di blog beck belajar. 

Jika kita orang yang gampang bosan dengan  tampilan blog seperti saya, maka jalan keluarganya adalah mengedit sendiri template bawaan blogspot, tetapi alangkah baik jika kita terlebih dahulu membuat sketsa  layout blog, apakah di kertas atau aplikasi desain seperti corel, sehingga konsepnya lebih matang sebelum kita mengimplementasikannya di blog, walaupun memang sedikit butuh pemahaman kode html dan css dan Javascript. Hal itulah yang membuat saya  bosan dengan blog beckbelajar, karena tidak terkonsep dengan baik baik, yang akhirnya saya tinggalkan (tidak pernah diupdate) walaupun popuplaritasnya sudah cukup tinggi di search engine (mendapat sitelink dan pagerank 2).

Saya sudah merasa senang,  karena tak berkeinginan untuk mengganti template blog ini dan sudah  merasa,  bahwa blog ini sudah sesuai dengan karakter dan selera saya, walaupun saya masih terus memperbaiki beberapa bagian dari template blog ini dan tetap rutin  mengupdatenya.

Sumber gambar :

Ditulis Oleh : Beck Inspiration

Artikel Blog personal yang lebih personal ini ditulis oleh Beck Inspiration pada hari September 23, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Blog personal yang lebih personal Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

Jaringan Pertemanan

inet.detik