August 30, 2012

Tentang Nama dan Doa

Source
Kita mungkin pernah mendengar orang berkata, apalah arti sebuah nama.  Saya jadi merasa aneh dengan pernyataan tersebut, dan berpikir, apa kira-kira yang mereka  pikirkan pada saat orang tersebut membuat pernyataan itu. Terasa janggal  jika ada yang mengatakan apalah arti sebuah nama.  Karena tak  mungkin kita mengenal dan mengetahui sesuatu jika mereka tak memiliki nama.

Saya bahkan berpikiran bahwa pangkal pengetahuan tentu berasal dari nama. Keunggulan Adam di banding malaikat dan iblis pada saat drama penciptaan Adam di muka bumi itu, karena Allah mengajarkan kepada   
Adam nama-nama segala sesuatu. dengan namalah kita bisa memiliki pengertian dan kemampuan  abtraksi terhadap sesuatu di luar diri kita, yang dengannya kita bisa melakukan penalaran dan penelaahan. Penalaran atau pemikiran tentu ada obyeknya, artinya ada abyek yang kita pikirkan, dan obyek tersebut harus memiliki nama sehingga tercipta makna dalam kepala kita.

Jadi nama adalah hal yang esensial bagi segala sesuatu, bahkan Allah pun harus mengatakan Kun atau jadilah, untuk menciptakan mahluknya, seperti Dia sampaikan dalam kitab sucinya. Akan terasa janggal jika kita melihat seseatu yang tidak kita kenal bentuk dan karakteristiknya, dan mungkin saja kita mengabaikannya, untuk sekedar meliriknya sesaatpun, atau malah dianggap tidak ada. Itulah hebatnya nama, karena tak ada sesuatu pun yang kita bisa ketahui tanpa nama yang melekat pada sebuah objek, mungkin diri kita pun tak terasa kehadirannya.

Terkait dengan nama pula kita,  sering mendengar, bahwa nama adalah doa. Tentu maksud dari statemen itu, pasti merujuk pada manusia, bukan yang lain, karena yang kita maksud dengan doa adalah pengharapan dan keinginan kita terhadap sesuatu hal. Pernyataan seperti ini banyak muncul dari kalangan muslim. Sumber otoritas keagamaan kaum muslim  (Hadist),  memuat pernyataan tersebut, yang inti pesannya adalah ajakan untuk memberikan nama yang baik pada seorang bayi muslim. Nama yang baik   tentunya memiliki pengertian yang positif, dalam artian mengandung makna-makna kesalehan, kebaikan, spirit dll.

Saya pernah telp oleh keluarga untuk mencarikan anaknya nama yang baik dan terdengar enak di telinga. Saya berinisiatif mencarikan nama yang panjang dari kamus nama-nama dari ebook yang ada di PC, dan saya menemukan nama yang menurut saya bagus, baik menurut maknanya ataupun kesan di telinga. Dalam Islam sendiri nama-nama yang baik adalah nama yang mengandung pengertian penghambaan kepada Allah, kesantunan, keserasian, keindahan atau yang sejalan dengan ajaran-ajaran Islam. Sehingga mereka nantinya akan di panggil dengan nama yang baik yang mereka miliki.  Tentu saja kita di anjurkan untuk memanggil seseorang, dengan panggilan yang baik dan yang di sukai oleh yang kita panggil. Ini ahlak yang berhubungan dengan nama, sehingga kita sebagai muslim dianjurkan untuk memberikan nama yang baik pada keluarga kita.

Nama yang mempunyai makna  yang tidak baik, dan orang lain sering memanggil  dan menyebutnya di depan kita, seakan-akan orang itu mensugesti ,atau berharap kita seperti makna dari nama tersebut atau bahasa familiarnya, mendoakan kita, seperti kandungan dari nama kita tersebut. Alam bawah sadar kita berkemampuan luar biasa untuk merespon setiap kata  yang  di ucapkan atau prilaku yang kita lihat, sehingga bisa mempengaruhi  baik atau buruknya  prilaku dan pikiran kita,  dan itu sangat tergantung pada seberapa intens kita mendengar, melihat  keburukan atau  kebaikan.

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Tentang Nama dan Doa ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari August 30, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Tentang Nama dan Doa Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email