August 07, 2012

Games dan pengaruhnya pada seorang Gamer.

Apakah kata itu sering anda dengar, atau barusan mendengarnya, saya tidak perlu menunggu jawaban anda untuk melanjutkan tulisan ini, bagi saya, untuk saat ini kata itu sudah terlalu familiar, terlalu sering barang kali mendengarkannya,  seakan-akan kita tak bisa memahami  arti kata itu lagi,  karena ia terlalu akrab dengan kita. Apa yang menarik dengan kata itu, mungkin seseorang bisa bertanya demikian jika memang ada yang bertanya seperti itu, maka saya akan menjawabnya,. Kata games adalah suatu kata dari bahasa inggris yang sudah demikian akrab melebihi kata terjemahan bahasa indonesianya yaitu Permaianan.

Permainan atau games merupakan tindakan/perbuatan  umum yang bertujuan untuk membuat seseorang yang melakukannya mendapatkan kesenangan dan merasa happy dengan tindaka-tindakan tersebut. sehingga perbuatan-perbuatan itu sering kali dilakukan untuk menghilangkan kepenatan, seperti orang yang bekerja seharian, sehingga pada saat pulang kerumah dia bisa bermain dengan keluarganya atau dengan permainan-pemainan dalam bentuk di digital baik yang online atau ofline. Ada juga yang melakukannya untuk menghilangkan tekanan psikologis, hal seperti sering kali di lakukan dalam sebuah pertemuan, apakah itu formal dan informal. Apakah sebuah seminar, di ruang kelas, atau pun sebuah pelatihan,  di mana ada permainan yang sifatnya  kelompok dan ada juga yang bersifat individu, dengan maksud  untuk mengalihkan sejenak perhatian  audiens, sehingga tidak merasa bosan atau jenuh dengan suasana yang ada. Ada yang menggunakan permainan untuk mengisi waktu luang, dengan mengajak keluarga (semacam rekrasi)  pergi ke Game Zone, biasanya  terdapat di mall-mall yang ada di kota-kota besar.

Kalau dulu saya hanya  mengenal permainan tradisional yang masih sempat saya saksikan  dan mainkan, ada yang disebut, mangngasing (bahasa Lokal Pinrang), petak umpat, perang-perangan dengan  dengan senjata dari bambu yang di kreasi sehingga mirip senjata, dan biasa teman-teman dulu memberi nama Bareng senjata tersebut (bahasa lokal di pinrang) terkadang jika di buat dari papan yang di buat sedemikian rupa sehingga betul-betul mirip senjata, baik tidaknya tergantung kreatifitas.

Saat ini, di era digital, industri game merupakan salah industri terbesar  diantara industri prangkat lunak lainnya. Banyak vendor game yang menggerakan para teknis dan programmer  yang berasal dari berbagai perguruan ternama  untuk di rekrut kemudian di beri tussgas  mengembangkan berbagai macam game dengan berbagai flatpom untuk mendapatkan kualitas game yang baik, yang dapat bersaing denga game dari vendor lain, yang  kompatibel dengan berbagai macam system operasi, baik yang   berbasis system operasi Windows,  open source seperti linux seserta variannya, Mac Os,  atau yang berbasis web dan smart phone.

Game-game digital itu begitu beragam, yang basis PC, Smartphone dan Web atau online, masing-masing pengembangkan dan  mempunyai lini produksi dan unit untuk setiap platpom game, tapi sebagiannya juga mengembangkan game yang terbatas hanya untuk Game berbasis  PC dan Konsole, Seperti Konami  dan EA Sport. Para produsen perangkat keras juga berlomba dan berusaha menghasilkan/meningkatkan kinerja Perangkat keras (hardware) yang dihasilkan, seperti Motherboard, Kartu grafis, Prosesor dan Ram. Para vendor game juga menciptakan game yang khusus untuk game console seperti untuk  PS 2, PS3 dan Xbox. Para produsen Game Konsole juga bersaing untuk meningkatkan performa dan tampilan dari game console besutannya, setelah sukses dengan PS2, sony kemudian merilis PS3, dan Microsoft perusahaan yang khusus membuat system operasi kemudian menciptakan Xbox, sebuah game console yang banyak diminati. Karena masing-masing perusahaan/industri  game menciptakan game untuk masing-masing game Console yang ada.

Game-game itu
Sebagian besar game yang yang produksi oleh para Vendor game, sebagian besarnya di komsumsi oleh anak-anak muda, dari Usia sekolah dasar sampai jenjang sekolah menegah, usia inilah yang merupakan target utama  dari para  vendor game. Hal yang di tawarkan oleh perusahaan tersebut didalam gamenya begitu beragam sesuai dengan varian  game yang dihasilkan, misalnya petualangan dan strategi ( Empire Eart, Strongold, Rise of Nation), perkelahian atau fighter seperti banyak dihasilkan oleh perusahan game jepang dan cina,  ketangkasan dan lomba (balapan motor, Sepak bola),  perang (seperti, Point Blank yang merupakan game online, P-IGI dll).

Saya pribadi menyukai game varian/ karakter Petualangan dan strategi, yang sering saya mainkan pada PC secara offline  terutama Empire Eart, Strongold juga game karakter perang seperti P-IGi dan Delta Force, juga game ketangkasan/kelncahan seperti Game sepak bola terutama Winning Eleven 9 untuk PC. Bagi saya game-game tersebut  membuat saya tertantang untuk menyelesaikan setiap tahapnya, karena setiap tahap/level  mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda, dimana strategi yang diterapkan juga seringkali harus berbeda dengan tahap/level yang lain. Maka untuk menyelesaikannya atau untuk menang dan mencapai skor tertinggi mutlak di butuhkan kesabaran dan kreatifitas untuk melewati setiap kesulitan dan rintangan.

Satu hal yang menjadi pengaruh buruk dari permainan/game berbasis digital, adalah kemampuan mempengaruhi setiap tindakan nyata dari sang gamer tersebut, lewat tokoh dan karakter yang ada dalam game tersebut, terutama pada game bekarakter perang dan perkelahian, karena sang gamer seakan merasa bahwa dialah sang tokoh dalam yang sedang dimainkan itu, apalagi dengan canggihnya visualisasi dan tampilan grafis game yang dimainkan, sehingga efek yang di timbulkan seperti nyata, seperti muncratan darah, badan yang terbrondong peluru atau  badan yang terkena sabetan pedang.

Pada tingkatan Gamer menjadi gamer maniak, terutama anak muda yang masih labil, situasi dalam permainan game seringkali ingin di bawa ke situasi nyata, sehingga kesadarannya tentang situasi nyata belum pulih, sehingga ia memandang dunia virtual game dan dunia nyata sebenarnya sama saja, ada kuasa dan keadaan yang memaksa tokoh yang dimainkannya yang juga dianggap dirinya untuk berbuat seperti setting dan latar dunia dimana tokoh tersebut mengambil peran, menang atau dikalahkan, dibunuh atau terbunuh, hanya ada satu pilihan, menang dan membunuh atau kalah dan terbunuh, suatu pilihan yang tak bisa dielak.

Menurut pengalaman saya sendiri game memang punya dua sisi yang berlawanan dalam pengaruhya terhadap kejiwaan/psikis.
  • Game mempunyai dampak kreatf bagi seorang gamer, terutama ketika ia berusaha  memecahkan masalah dan rintangan yang sedang dihadapi oleh tokoh-tokoh yang dimainkan, mencari solusi yang berbeda pada situasi dan level yang berbeda. Ada beragam solusi/jalan keluar dari setiap masalah dan rintangan yang dihadapi  walaupun daerah dan situasinya mirip, sehingga seorang gamer bisa berpikir keluar dari kotak masalah (thinking outbox).
  • Game over merupakan momok bagi seorang gamer ketika ia bernain dengan game kesukaannya, sehingga mendorong dia mencari solusi atas rintangan yang dihadapi, yang jadi masalah jika kita pada saat itu belum menemukan solusi dari problem yang dihadapi dan tetap ngotot memaksakan diri, maka yang terjadi biasanya  menimbulkan rasa frustasi dan stress, dan yang seperti ini juga bisa terbawa kealam nyata, sehingga gamer tersebut bisa cepat marah dan murung. Hal seperti ini sering terjadi pada saya sendiri, dan saya mensiasatinya dengan menghentikan permainan tersebut dan mensavenya kemudian memainkannya  di lain waktu.

Ini hanya sharing tentang pendapat saya tentang permainan/game, serta  pengalaman saya dalam bermain game, dan mengamati sendiri apa yang terjadi pada diri  akan  pengaruh permainan/game pada kondisi kejiwaan/psikis saya, semacam eksperimen yang tidak begitu disadari.

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Games dan pengaruhnya pada seorang Gamer. ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari August 07, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Games dan pengaruhnya pada seorang Gamer. Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email