August 27, 2012

Fobia..?

source
Fobia merupakan salah satu jenis gangguan kecemasan. Orang yang menderita fobia akan mengalami ketakutan terhadap suatu objek tertentu (yang bagi orang lain dipandang tidak berbahaya) secara terus menerus dan irasional. Rasa takut yang dialami oleh penderita fobia akan hilang secara otomatis dengan cara menghindari objek yang ditakutinya. Ada dua teori fobia nonpsikoanalistik. Yang pertama secara biologis atau genetis fobia diasumsikan sebagai sisa-sisa dari evolusi dimasa lalu. 

Menurut teori evolusi manusia berasal dari jenis species kera. Sebagai hewan pastilah ada suatu hewan atau objek tertentu yang ditakuti oleh kera. Sebagai contoh ular. Bila melihat ular kera akan takut dan lari. Secara umum manusiapun juga demikian. Secara universal bila melihat ular manusia cenderung akan menghindar dan lari karena takut pada gigitan ular yang mungkin berbisa. secara pandangan biologis dikatakan manusia “fobia-ular”. Sebenarnya ini merupakan hal yang umum dan wajar. Kelemahan dari pandangan secara biologis ini tidak ada batasan-batasan yang jelas yang dapat menjelaskan macam-macam fobia yang susungguhnya.

Teori nonpsikoanalistik tentang fobia yang kedua adalah fobia dianggap sebagai suatu respon tehadap pengalaman yang bersifat traumatis. Sebagai contoh seorang anak yang takut pada anjing karena pada waktu kecil ia pernah digigit anjing hingga pincang kakinya. Karena kejadian tersebut maka pada saat anak kecil itu tumbuh dewasa ia akan takut pada anjing (“fobia-anjing”).

Terkadang kita agak sulit membedakan mana yang sungguh-sungguh kasus fobia dan mana yang bukan. Contoh kasus lain adalah: seorang anak tidak mau sekolah karena di sekolah ia sering diejek dan diganggu oleh teman-temannya. Ada juga anak kedua yang tidak mau masuk sekolah karena pada saat mau masuk sekolah ia merasa panik. Secara deskriptif kedua anak tersebut mengalami “fobia-sekolah”. Tapi bagi anak kedua dia benar-benar mengalami fobia-sekolah.

Freud mengansumsikan bahwa fobia bukan hanya sekedar rasa takut terhadap objek tertentu saja yang dapat diatasi dengan cara menghindari objek tersebut. Namun fobia lebih merupakan suatu tanggapan terhadap suatu ancaman yang terletak di dalam pikiran. Sebenarnya yang menjadi objek fobia tidaklah menakutkan. Tetapi sumber ketakutan tersebut terletak di pikiran.

Oleh : Kriswandaru

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Fobia..? ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari August 27, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Fobia..? Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email