November 17, 2011

Blogger harus peka Momen

Dalam beberapa hari ini, setelah menulis hampir sepuluh hari lalu, mood untuk menulis kian tergerus oleh aktivitas rutin, yang seakan menumpulkan daya kreatif dan imajinasi  dalam membuat rangkaian kata dan menyampaikan makna kepada pembaca. Apa jadinya komitmen yang telah dibangun dari awal, mulai di langgar lagi, untuk mempertahankan konsistensi untuk tetap mengupdate tulisan setiap sehari sekali atau minimal dua hari sekali, tapi sekarang sudah jauh melampaui apa yang telah ditetapkan dalam artian negatifnya, sangat disayangkan bila itu terus berlanjut di tengah kecintaan dan ketertarikan saya pada dunia yang satu ini dan melebihi dunia yang lain (facebook dan twitter).

Pagi tadi aku bangun agak terlambat, ya efek dari bergadang yang tak terlalu penting tersebut. Sehingga agak telat membaca Koran untuk terus  mengupdate berita dan informasi dari media cetak, Dan kebetulan aku berlangganan dengan sebuah Koran nasional yang memungkin saya untuk membaca berita dan opini seputar perkembangan yang terjadi dalam seharinya di Negara tercinta, ya memang seharusnyalah kita punya perhatian tentang banyak hal, dan salah satu cara untuk mewujud dan mempertahankannya, ya dengan mengikuti dan memelototinya lewat berbagai media, baik cetak dan elektronik, sebagai bentuk lain dari tanggung jawab kita sebagai warga Negara.

Memang banyak hal  menarik yang  terjadi di sekitar kita yang bisa kita ikuti perkembangannya, mulai dari ekonomi, politik, ekonomi, pendidikan dan olah raga, dan  yang paling baru dalam bidang olah raga adalah  SEA GAMES 2011 di Jakarta-palembang  yang merebut perhatian media, dan hampir tiap hari menjadi headline media elektronik dan cetak  nasional, dan mungkin dalam beberapa hari kedepan, Karena acara tersebut masih berlangsung, dan satu hal lagi yang tidak kalah menariknya adalah tentang papua dan Freeportnya, yang banyak menarik perhatian pemerintah dan analisis politik bahkan dunia internasional, ya tentunya dengan nilai ekonomis dan kekayaan yang terkandung di tanah Papua tersebut, serta sikap pemerintah yang tidak jelas dalam menangani persoalan-persoalan yang muncul dari  tanah Papua tersebut.

Setiap orang seharusnya. punya perhatian terhadap apa yang terjadi di sekitarnya, karena dunia selalu meniscayakan perubahan setiap saat, dan akan tetap berlangsung sampai kapanpun, karena pada hakekatnya keadaan yang seperti itu sudah menjadi watak tempat tinggal kita didunia, perubahan adalah simbol dinamisasi dan kehidupan, semua benda akan bergerak menuju kesempurnaan eksistensinya, sehingga sangat di sayangkan kalau kita tak mampu untuk melihat perubahan yang terjadi, banyak hal yang bisa kita dapatkan ketika kita membangun semacam kepekaan dan sensitifitas terhadap dunia dimana kita tinggal, karena semakin peka dan tanggap kita terhadap perubahan yang ada maka kita akan selalu menuntut diri untuk terus memperbaiki diri serta kemampuan yang kita miliki sehingga zaman tidak menggerus segala potensi yang kita miliki, sehingga kita tidak menjadi pecundang dalam menjalani kehidupan kita.

Apa arti kepekaan bagi seorang blogger, tentu banyak hal yang bisa kita dapatkan ketika apa yang disebut kepekaan/perhatian menjadi bagian yang integral pada diri seorang blogger, kepekaan senantiasa memunculkan semacam pertanyaan dan rasa keingintahuan yang besar pada diri seorang blogger, sehingga bisa menimbulkan ribuan pertanyaan dan ide di kepala, sehingga bisa memicu kita untuk melakukan analisis dan penelitian untuk mendapatkan jawaban atau mewujudkan ide di kepala kia, bisa di wujudkan dalam bentuk tulisan pendek di postingan blog, kita juga dapat membuat  tulisan yang berkualitas, karena lahir dari keresahan dan perhatian yang mendalam tentang suatu kejadian atau momen, yang akan membuat postingan kita di blog lebih  berkesan, bermakna dan lebih relevan, 

Dalam sebuah postingan seorang teman blogger, dia menggaris bawahi bahwa seorang blogger mestinya peka momen, sehingga tidak tertinggal dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan yang bisa muncul dimana saja dengan beragan bentuknya. Tetapi  apakah yang kita maksud dengan momen?, momen adalah pengalaman dan kejadian-kejadian terjadi disekitar yang kita anggap menarik dan berkesan, sehingga meninggalkan jejak dalam diri, baik itu di pikiran atau di hati kita. Jadi klw menurut saya bahwa momen selalu meninggalkan satu kesan tersendiri bagi yang menyaksikan dan mengalaminya. Momen juga bisa kita kategorikan menjadi:

  1. Momen pribadi, pengalaman apa saja yang kita lakukan dan mempunyai bekas terdalam dalam jiwa kita, sehingga sangat tidak mudah terlupakan dan yang kita rasakan berdasarkan penilaian kita, sebagai contoh ; seperti di jalan kita melihat para tuna wisma dan anak terlantar, saat kita membaca buku yang sangat menarik atau pengalaman-pengalaman keagamaan kita saat melaksanakan ritual keagamaan.
  2. Momen yang bersifat publik, yang seperti ini seringkali kita saksikan,  peringatan kenegeraan yang megah, pembukaan pesta olah raga ataupun pawai-pawai hari besar keagamaan, yang bisa kita saksikan bersama atau oleh banyak orang, sehingga banyak orang yang secara bersamaan mengabadikan momen dan peristiwa tersebut,  bentuk foto, video, tulisan, dan berita.
Tidak semua kejadian yang kita alami selalu meninggalan jejak pada diri kita, mungkin tak masalah bila peristiwa-peristiwa tersebut bisa dianggap sebagai kejadian biasa-biasa dan tak akan rugi bila kita melewatkannya, bagaimana bila kejadian tersebut adalah kejadian penting da kita begitu acuh terhadap kejadian tersebut, mungkin kita akan ketinggalan informasi dan pengetahuan dan lambat laun akan terbiasa dan seharusnya itu tidak terjadi pada diri seorang blogger

Sudah Seharusnya seorang blogger mengasah kepekaan dan daya sensitifnya untuk meningkatkan kemampuan diri, agar dapat bermanfaat bagi diri dan orang lain, tentunya hal ini tidaklah mudah, dan kita harus berurusan dengan sikap dan keteguhan hati untuk melaksanakannya, dan biasa disebut dengan konsistensi, membuat janji, menetapkan aturan pada diri dalam menjalankan sebuah aktivitas atau kegiatan,

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Blogger harus peka Momen ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari November 17, 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Blogger harus peka Momen Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

12 comments:

  1. menurut gw sih seorang blogger selain harus peka momen, juga harus jadi diri sendiri buat blognya,, heheh

    ReplyDelete
  2. Yups,. Bagus benar artikelnya sob, banyak pelajaran yang bisa diambil :)

    ReplyDelete
  3. artikelnya keren sob ...
    keep post ... :)
    tetap semangat dalam blogging ...

    ReplyDelete
  4. Saya setuju dengan artikel anda.. :)

    ReplyDelete
  5. @Rama88@
    Salam.
    betul banget bro,selain harus peka, seorang blogger juga seharusnya mengisi blognya dengan konten/isi yang di kuasai, diminati dan sesuai dengan kemampuan dan karakter kita...walaupun memang butuh pembelajaran panjang untuk memenuhinya..
    salam.

    ReplyDelete
  6. salam.
    @Remix-7@Error Shinobi@Tips Kesehatan@.
    Thank,s sob atas kunjugannya dan bersedia membaca postinganku, saya sebenarnya membuat postingan diatas, untuk memotivasi diri saya agar tetap bersemangat dan tetap terus mengupdate postingan di blog, setelah sekian lama tidak memposting tulisan di blog, ya karena rutinitas yang agak padat, jadi klw memang ada manfaat yang didapat dari tulisan diatas, berarti sayalah yang pertama mendapatkannya...
    salam.

    ReplyDelete
  7. Setuju sama tulisan ini, bahwa setiap orang, termasuk blogger harus selalu peka sama momen apapun. Dengan peka momen berarti blogger juga sudah memiliki kepekaan terhadap realitas yang terjadi, baik di lingkungan sekitarnya maupun yang terjadi di tanah air..

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  8. @Hana Nuraini@
    Salam.
    Ia mbak, itulah kekuatan dan kelebihan bagi seorang blogger, bisa dikatakan bahwa blogger itu junalis untuk medianya sendiri, tapi jurnalis yang tak dibatasi oleh aturan2 formal.
    Salam.

    ReplyDelete
  9. kecenderungannya memang banyak yang peka terhadap sebuah momen kejadian, tetapi tidak harus. kalau ada sebuah keharusan untuk itu, ko' rasanya blogger harus dilakukan untuk melakukan hal yang mungkin tidak semua blogger mampu menjalaninya.

    blogging saja dengan nyaman dan tidak perlu terpaku ini itu. yang penting kita bisa berkreasi menuangkan ide2 pemikiran dan berbagi dengan yang lain.

    ReplyDelete
  10. @panduan belajar blog@
    Salam.
    betul bro, bahwa kita memang g harus terikat, sehingga enjoy dengan aktivitas blogging kita, yang saya maksud momen disini adalah kejadian menarik yang kita alami, momen juga bagi saya, sebagai sumber inspirasi untuk mendapatkan ide dalam menulis..misalnya ada yang tertarik menulis tutorial, mungkin inspirasinya didapat ketika ada teman yang bertanya tentang cara mendesain blog atau semacamnya, jadi momen bukanlah hal-hal yang tak mampu kita lakukan, karena itu adalah kekayaan pengalaman manusia..
    Salam.

    ReplyDelete
  11. Mantab, ... setuju banget! ... salam bloging

    ReplyDelete
  12. @Dwiyanto@
    Salam kenal.
    Thank's mas atas kunjungannya dan menyempatkan membaca postingan diatas, semoga saja bermanfaat untuk kita semua..
    Salam.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email