October 06, 2011

Pengalaman pertama ngeblog (2)

Sebuah kisah usang yang tidak tau akan dibaca oleh siapa, tak ada keinginan yang muluk-muluk  bahwa kisahku ini akan dilihat oleh orang lain,  walaupun itu bukanlah  suatu anggapan negatif  atau merasa rendah diri dan tidak menghargai kemampuan diri,  tetapi lebih dari sebuah kesadaran yang hadir dan menunjukan pada diri bahwa tak ada yang perlu dipertontonkan dengan sebuah harapan yang mungkin saja dianggap oleh orang sebagai hal yang berlebihan, tetapi dengan berbagi kisah hidup atau pengalaman, merupan hal baik menurut saya, walaupun kita terkadang cenderung untuk narsis tanpa disadari, tapi tak apalah karena dengan menuliskan pengalaman berarti berusaha mengevaluasi serta mengenang apa yang kita lakukan dalam setiap aktivitas kita.

Walaupun dalam tulisanku kali ini, yang juga merupakan sambungan dari  tulisanku terdahulu  dengan judul yang sama, saya tidak melulu menceritakan tentang pengalaman pertama saya dalam  dalam melakukan aktivitas blogging, karena dan mungkin saja ada  hal-hal yang bisa di anggap sebagai sesuatu yang obyektif dan bisa bernilai pengetahuan dan informasi pada siapa saja yang membacanya, sehingga saya dengan rendah hati mengisahkan pengalaman saya  tersebut, karena banyak hal positif yang bisa di kita peroleh dengan membaca pengalaman dan kisah  hidup orang yang ada  disekitar kita, karena sebuah kisah hidup mempunyai kesamaan warna dan alur serta plot, walaupun itu kisah orang-orang besar, karena  masing-masing kisah selalu  menonjolkan aspek kemanusiaan dan harapan dari sang punya kisah.

Saya akan memulai menceritakan pengalaman saya pertama kali ngeblog, saya memulainya dari Hal tersulit dan rumit dalam ngeblog menurut saya, adalah hal tersulit.  kedua  dalam aktivitas blogging  setelah mendesain tampilan blog adalah mendapatkan pengunjung untuk blog kita, saya yakin bahwa sebagian besar  blogger pemula merasakan kendala hal seperti ini, jangankan blogger pemula, blogger master pun banyak yang mengeluhkan turunnya pagerank dan pengunjung blog mereka,  apalagi bagi blogger pemula yang  ingin cepat mendapatkan uang dari aktivitas bloggingnya.

Akan  sangat sulit mendapatkan pengunjung di blog kita jika posisi blog kita masih ada  di rangking terbawah dalam daftar pencarian di search engine. Dari pengalaman, kita bisa mengetahui bahwa ketika  kita mencari sesuatu di internet, pasti kita  hanya membuka sebuah  site yang ada pada urutan teratas saja, itu pun kita membuka pada halaman selanjutnya, ketika pada halaman depan tidak kita temukan yang kita cari dan mungkin saja pada halaman selanjutnya akan didapatkan hal yang lebih baik dari yang didapatkan dihalaman pertama, karena kriteria kita mencari sesuatu dan menganggapnya baik tentu sangat berbeda dengan cara search engine menentukan dan mengindex sebuah website. Kita mungkin  sudah akrab dengan istilah SEO, sebuah istilah yang merujuk pada cara, teknik dan metode  tertentu,  yang bisa menjadikan  blog kita naik derajatnya dimata search engine.

Saya berusaha mencari tahu tentang cara dan teknik  tersebut, dengan membaca postingan para blogger senior yang memposting tulisan tentang SEO di blog mereka, kemudian menerapkannya diblogku, akan tetapi teknik tersebut tidak bisa langsung kita  hasilnya dengan cepat ,  karena banyak hal yang saling berkaitan dengan SEO. Banyak cara sebenrnya untuk mendapatkan pengunjung untuk blog kita dan juga merupakn bagian dari trik SEO diantaranya, memberi komentar yang baik pada sebuah postingan pada sebuah blog, mengikuti sebuah forum online seperti milis dan jejaring sosial, tukar menukar link (Link Exchange) dan masih banyak lagi yang lain, dan jika itu dimaksimalkan, maka saya yakin bahwa setiap blog pasti akan ramai dikunjungi.

Hal ketiga yang sangat sulit bagi saya adalah cara membuat postingan orisinal diblog, karena kita seakan-akan kehilangan ide ketika menuliskannya pertama kali dan banyak kendala yang bisa muncul kemudian  menghambat kita mengembangkan ide-ide yang kita sudah lama mengendap dikepala.

Hal keempat tersulit bagi saya  adalah bagaimana kita konsisten untuk memposting tulisan di blog dengan teratur. Konsistensi memang harus di bangun dari awal ketika memulai aktivita ngeblog, sehingga nanti pada saat  blog kita sudah ramai di kunjungi, maka kita tak akan mengecewakan pengunjung yang blog kita, hanya karena tulisan dan informasi di blog kita yang jarang di update.

Saya sangat salut dengan seorang blogger senior, kalau tidak salah biasanya para blogger muda memanggilnya dengan sapaan Om Jay, dalam satu wawancara dengan seorang blogger senior makassar, yang dipublikasikan di blognya, Om Jay mengatakan seperti ini, bahwa mengelola sebuah  blog atau blogging bukanlah pekerjaan sia-sia dan tak berguna, karena banyak hal yang bisa kita dapatkan dari sana, ada pertemanan, konsistensi, penghargaan pada orang lain, belajar menulis dan menuangkan ide sampai pada bagaimana menghadapi kiritikan yang bisa saja muncul dari pembaca blog kita , kemudian Om Jay juga menyampaikan bahwa konsistenlah dengan jadwal yang telah kita tetapkan untuk  memposting sebuah tulisan di blog dan usahakan sehari ada satu postingan, sehingga blog bisa terupdate secara teratur. Begitulah wejangan Om Jay untuk para blogger, Dan sampai saat ini saya belum bisa menerapkan nasehat baik dari Om Jay itu, dan mungkin itu jugalah yang dirasakan oleh sebagian besar blogger pemula yang baru pertama kali  mengelola dan mengenal  blog,  begitulah pikirku....!!!

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Pengalaman pertama ngeblog (2) ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari October 06, 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Pengalaman pertama ngeblog (2) Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

7 comments:

  1. keren nih bro...
    btw back link sukses nih... makasih yaaCh .. sukses selalu ....

    btw nama link saya diganti jadi SHINOBI BLOG yaaCh bro... !!

    ReplyDelete
  2. @Error Shinobi
    @Ia Bro, dan pake huruf kapital supaya lebih jelas terlihat, saya sering-sering ke blog shinobi, byk info-info bagus dan unik yang bikin penasaran..!!

    ReplyDelete
  3. sebuah lompatan besar selalu diawali dengan satu langkah kecil :)
    salam sukses selalu daeng

    ReplyDelete
  4. @Hariyanto@ Betul kawan, sangat inspiratif dan motivatif. salam sukses untuk kita semua.

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat waktu saya dulu, saat pertama kali blogging. Semua saya mulai dari hal yang menurut saya menyenangkan dan ini sedikit membantu saya untuk mengembangkan blog..
    Nice sharing Becks..

    ReplyDelete
  6. keep blogging bro...jangan bosen2 berbagi hal2 positif ya..bisa sharing2 pengalaman apapun :)..
    met blogging..salam kenal

    ReplyDelete
  7. @V3 Alifah@ salam kenal balik.
    Betul sis, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah berbagi hal2 positif, bagi sebagian besar org, merupakan hal yang sangat meyenangkan karena secara tidak langsung membuat hidup kita lebih berarti dan bermakna, bagi saya, banyak hal yg mesti kupelajari dan itu tidak akan menghalangi untuk berbagi sebatas kemampuan yg dimiliki.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email