December 12, 2012

Tentang angka 12-12-12

Masyarakat kita suka yang aneh-aneh, selalu berusaha membuat relasi antara suatu objek satu dengan yang lain, hanya karena terlihat tak lazim.....hahaha..12..12..12..sekarang dah masuk...!? (Status di fb, kemari malam)

Pembicaraan tentang angka (number) selalu menjadi topik yang hangat untuk di bicarakan, bukan hanya sekarang, tetapi dahulu tema tentang angka menyita perhatian para pemikir dan filosof yunani untuk menbicarakannya. memang ada yang unik tentang misteri tentang angka (bilangan), yang katanya merupakan jembatan untuk memahami hal-hal mistis atau gaib. apa memang begitu, sejatinya pembicaraan entang angka selalu mengandung misteri, sehingga menjadi hal yang sangat menyita perhatian banyak orang.

Adalah Pythagoras (582 SM – 496 SM, bahasa Yunani: Πυθαγόρας) adalah seorang matematikawan dan filsuf Yunani yang paling dikenal melalui teoremanya. Dikenal sebagai "Bapak Bilangan", dia memberikan sumbangan yang penting terhadap filsafat dan ajaran keagamaan pada akhir abad ke-6 SM. Kehidupan dan ajarannya tidak begitu jelas akibat banyaknya legenda dan kisah-kisah buatan mengenai dirinya.

Salah satu peninggalan Pythagoras yang terkenal adalah teorema Pythagoras, yang menyatakan bahwa kuadrat hipotenusa dari suatu segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya (sisi-sisi siku-sikunya). Walaupun fakta di dalam teorema ini telah banyak diketahui sebelum lahirnya Pythagoras, namun teorema ini dikreditkan kepada Pythagoras karena ia yang pertama kali membuktikan pengamatan ini secara matematis.

Pythagoras dan murid-muridnya percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini berhubungan dengan matematika, dan merasa bahwa segalanya dapat diprediksikan dan diukur dalam siklus beritme. Ia percaya keindahan matematika disebabkan segala fenomena alam dapat dinyatakan dalam bilangan-bilangan atau perbandingan bilangan. Terdapat legenda yang menyatakan bahwa ketika muridnya Hippasus menemukan bahwa , hipotenusa dari segitiga siku-siku sama kaki dengan sisi siku-siku masing-masing 1, adalah bilangan irasional, murid-murid Pythagoras lainnya memutuskan untuk membunuhnya karena tidak dapat membantah bukti yang diajukan Hippasus.

Yang penting sekali dalam ajaran Pythagoras adalah tentang bilangan  dalam bentuknya yang asli. Dapat dikatakan, bahwa ajaran tentang bilangan ini adalah batu sendi seluruh pandangan hidup Pythagoras. Menurut dia, asas segala sesuatu adalah bilangan, yang mewujuldkan satu kesatuan. Unsur-unsur atas asas-asas bilangan terdapat pada segala sesuatu yang ada. Unsur-unsur bilangan itu adalah; genap dan ganjil, terbatas dan tidak terbatas. 

Suatu harmoni atau keselarasan (misalnya dalam oktaf) di hasilkan oleh penggabungan hal-hal yang saling berlawanan. Menurut Pythagoras ada 10 asas yang saling berlawanan, yaitu; terbatas-tidak terbatas, ganjil-genap, satu-banyak, kanan-kiri, lelaki-perempuan, diam-gerak, lurus-bengkok, terang-gelap, baik-jahat, persegi-bulat panjang. Bilangan 10 baginya adalah bilangan suci. Jagad raya terdiri dari 10 badan langit yang beredar mengelilingi api sentral, dengan kecepatan yang tinggi sehingga masing-masing mengeluarkan suaranya yang sesuai dengan salah satu nada. Akan tetapi oleh karena manusia telah biasa akan bunyi suara itu maka tidak ditentangnya. Sepuluh badan langit itu adalah: kontra bumi, bulan, matahari, kelima planet; merkurius, venus, mars, yupiter, dan saturnus dan akhirnya langit dengan bintang tetap.

Demikianlah tentang pengetahuan bilangan-bilangan itu memberi pengetahuan tentang kenyataan. Pengetahuan yang demikian itu mewujudkan bagian penyucian tersebut di atas. Jadi pemikiran dan perbuatan atau pandangan dan tingkah laku saling dikaitkan.

Tentang 12-12-12
Ketika berbicara tentang misteri angka-angka (bilangan), memang tak bisa dilepaskan dari sosok Pythagoras (bapak bilangan), walaupun bukan hanya di yang berbicara tentang angka (bilangan), tetapi dialah yang mencoba pertama kali membahasnya secara detail, kemudian di bahas secara rinci oleh hampir ilmuan matematika di setiap peradaban yang pernah ada, bahkan dalam islam melahirkan ilmuan seperti Al-Khawarizmi, yang di eropa di kenal sebagai pencetus istilah Al-Gebra (aljabar, salah satu cabang matematika statis)

angka menurut saya memang punya keterkaitan dengan sesuatu yang bersifat spiritual, gaib, mistis dan abtrak. dalam islam sendiri, Allah sendiri menginformasikan bahwa ia adalah Ahad (satu, Esa), yang bisa di pahami sebagai bilangan, walaupun menurut saya bahwa ia bukanlah angka yang bersifat continous (berkelanjutan), sebuah bilangan mistis tanpa pengandaian yang tepat  untuk sebuah bilangan, tetapi akal sehat kita harus menerima ia adalah angka satu (mutlak).

sebagaimana yang di sebut oleh Phytagoras, bahwa angka asalah kunci memahami alam raya dan alam gaib, yang berwujud pada harmoni antar bilangan, dimana suatu objek akan kehilangan keberadaannya tanpa menyertakan bilangan di depannya. suatu hal yang misterius untuk di pahami.

begitu kita berhadapan dengan bilangan-bilangan seperti penunjukan angka 12-12-12, dalam hitungan kurun masa, kita merasa ia adalah sebuah pertanda dan simbolisasi akan sesuatu atau peristiwa, maka muncullah semacam ramalan, prediksi pada pertemuan angka yang di anggap tak lazim, seakan membawa sebuah pesan yang harus di pahami.

Sumber inspirasi  dan gambar
http://www.pelangidelapan.com/2011/01/unik-dan-penuh-misteri.html
http://artikelbahasaindonesia.org/artikel-pendidikan/misteri-angka-123-dalam-matematika/:
http://alexnanangagussifa.blogspot.com/2011/06/pemikiran-filsafat-pra-sokrates-thales.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Phytagoras
http://auratokoh.blogspot.com/2009/10/pythagoras-sang-mahaguru-filsafat-angka.html

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Tentang angka 12-12-12 ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari December 12, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Tentang angka 12-12-12 Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email