August 15, 2012

Internet dan perkembangannya di Indonesia

Souce
Sejarah awal  internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semuauniversitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Kejadian penting terkait  internet
Souce
Tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100
komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
Bagaiman dengan jaringan Internet di  Indonesia
Jaringan komputer global (internet) menjadi media membangun komunikasi dan informasi, yang menghubungkan orang-orang dari  berbagai tempat yang ada di dunia, yang makin hari menemukan tempat bagi orang-orang yang ingin melek informasi dan teknologi dengan cepat. Jaringan internet sudah sedemikian pesat dan maju sekarang ini sudah hampir menjangkau masyarakat sampai kepelosok, sehingga akses informasi akan lebih cepat tersebar karena penetrasi internet makin hari, makin cepat, baik dalam penyebaran maupun akses kecepatannya.

Souce
Di harapkan dengan banyaknya masyarakat yang melek internet memungkin tercapainya target pemerintah untuk mengenalkan internet kepada 250 juta penduduk indonesia, sehingga penyebaran informasi/pengetahuan akan lebih cepat dan konten-konten yang ada bisa di gunakan semaksimal mungkin. Internet juga merupakan wilayah abu-abu dimana segala hal bisa kita temukan dan dapatkan baik, yang positif atau pun negatif, banyak hal yang bisa kita lakukan  menggunakan internet, sebagian orang hanya untuk mengakses jejaring sosial, sebagian yang lain menggunakannya untuk berbagai hal, bertransaksi, media promosi, mencurahkan pemikiran, sarana hiburan serta banyak  lagi lainnya, kita juga bisa mengakses/mengunduh beragam hal dari berita, buku digital , aplikasi, script dll.  

orang juga biasa menyebut internet sebagai dunia maya, tetapi hal yang lebih mencegangkan adalah perkembangan jejaring sosial seperti google+, facebook, twitter, yang banyak memberi andil  memperkenalkan  pada internet pada masyarakat. banyak kalangan mulai mengenal internet atau berusaha belajar menggunakan internet setelah mereka mengetahui bahwa mereka bisa bersosialisasi dengan menggunakan aplikasi tertentu, yang dimaksudkan adalah jejaring sosial. Jejaring sosial memang memberi andil yang sangat signifikan bagi perkembangan dan penyebaran internet, apalagi jejaring sosial populer dimasa sekarang sudah bisa di akses melalui aplikasi mobile (smartphone). 

perkembangan internet juga di dukung dengan banyaknya operator internet (Internet provider) yang semakin menjamur dengan akses yang terbilang murah, kita mengenal nama pemain lama dalam mengadakan jaringan internet seperti telkom speedy, indosat, telkomsel, bakrie telekom dll. yang memunculkan persaingan dalam pengadaan jaringan internet, yang memudahkan para pengguna untuk memilih operator yang sesuai dengan kebutuhan dan yang bisa di jangkaunya.

Persaingan operator internet seringkali tercederai oleh adanya  monopoli perusahaan yang menguasai beberapa operator internet, dimana persaingan tidak sehat akan muncul karena penetapan harga layanan yang tidak kompetitif lagi dan cenderung merugikan para pengguna. minimnya pilihan dengan karena harga layanan yang tidak jauh berbeda dari berbagai operator, juga memunculkan servis yang seadaanya, karena kompetitor  tidak lagi di bebani untuk meningkatkan kualitas layanannya, karena pada dasarnya kurangnya kompetisi yang disebabkan adanya praktek monopoli.

Referensi :
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
  • http://sixooninele.blogspot.com/2010/07/internet-kebutuhan-di-era-modern-bukan.html
  • http://www.socratezonline.com/2012/02/24/the-internet-frontier-of-the-free-world/
  • http://www.yusufikri.web.id/berita/paket-internet-android

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Internet dan perkembangannya di Indonesia ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari August 15, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Internet dan perkembangannya di Indonesia Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

2 comments:

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email