August 17, 2012

Semangat dua hari Kemerdekaan

Lebaran tinggal selangkah lagi, tak terasa kita telah memasuki ambang lebaran, ada rasa yang bercampur aduk, menanti hari yang Fitri . Umat muslim akan merasakan betapa indah hari itu, kita bisa bisa berkumpul dengan keluarga, bapak, ibu, saudara, nenek, kakek dan  seluruh kelaurga besar lainya. Momen lebaran adalah momen yang indah, dimana kebersamaan dan kekeluargaan akan tampak indah dan segala hal yang berhubungan dengan lebaran, makanan yang enak, daging yang lezat dan minuman yang hangat, semua sudah terbayang.

Berbondong-bondong orang-orang pulang kampung, meninggalkan kegiatannya sejenak,  jeda dari rutinitas yang kadang membuat stress, bertemu keluarga besar. Momen pulang kampung atau biasa di sebut mudik menjadi sebuah tradsi yang besar disaat menjaelang lebaran Idul Fitri atau pun Idul Adha. Sebagai bentuk ritinitas yang bermakna, kita mestinya mulai menyadari bahwa dengan berakhirnya puasa ramadhan yang di tandai dengan masuknya satu sawal, setidaknya menyadarkan kita bahwa kita telah keluar dari bulan yang penuh magfirah, tempat training/latihan spiritual dan sosial, yang akan menjadikan kita kembali Fitri, jika kita betul-betul menghayati dan memaknai bulan ramadhan tersebut, sebagai waktu yang paling tepat untuk memperbaiki kualitas diri.

Ramadhan yang tinggal tersisa dua hari lagi, tentunya akan menyisakan sebuah  harapan dan motivasi untuk bisa bertemu dengannya tahun depan, juga memberi kita spirit untuk mempertahankan segala yang telah kita capai dalam bulan tersebut, kedisiplinan waktu, konsistensi dalam beribadah, kepekaan yang ditanamkan pada diri pada orang yang tak mampu dan susah dengan laku lapar yang dijalani, kedekatan dengan sang Khaliq. Semua menjadi bekal menuju hari yang Fitri, sehingga ketika masuk satu syawal, maka kita akan kembali pada Fitrah kita sebagai manusia yang baru lahir, karena telah di tempa oleh ramadhan, membersihkan segala dosa, menanam rasa  kepekaan sosial dan kepasrahan/kepatuhan total pada Sang Pencipta.

Hari ini pula di mana masih suasan ramadhan, kita juga memperingati hari kemerdekan bangsa kita, lepas dari penjajah, bebas  dari belenggu penindasan fisik, hari kemerdekaan kali sejalan dengan semangat ramadhan, mengembalikan diri kita  dari belenggu-belenggu dosa, ujub, ria, kesombongan, ketidakpedulian, tidak berlaku adil, dan rasa rendah diri. Semangat dua hari kemerdekaan, mestinya mencipta diri kita yang benar-benar merdeka, baik secara lahiriah maupun batiniah. Kemerdekaan sejati yang sampai sekarang ini belumlah kita temui, dan masih perlu usaha bersama untuk mewujudkannya, tak perjuangan yang mengenal lelah untuk mewujudkan sebuah amanat mulia, amanah bulan ramadhan dan cita-sita para pahlawan kemerdekaan. Sebuah spirit yang tak akan lekang oleh waktu, menuju hari yang fitrah dan kemerdekaan hakiki.

Kita memang orang-orang yang beruntung masih bisa bertemu ramadhan kali ini serta menikmati indahnya kemerdekaan, sebuah tempat dan waktu yang benar-benar berarti. Ada banyak orang yang ingin menikmati hal yang sekarang kita rasakan. Para pahlawan yang tak sempat menghirup udara kemerdekaan, ada kaum miskin/duafa yang masih terjerat dalam jaring-jaring kesusahan hidup, mereka menjalani hidup bukan dalam kadar yang mereka inginkan. Saat ini kita telah menemukan dua-duanya, sudah seharusnya tak menjadikan kita menjadi individual dan hedonistik. Setiap kita punya tanggung jawab, sebagai manusia yang terberi kemerdekaan dari para pahlawan sekaligus sebagai hamba yang masih terberi umur panjang untuk menemukan puasa tahun ini.

"Selamat ulang Tahun kemerdekaan indonesia yang ke 67, tetap semangat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif dan berguna, dan selamat menanti 1 syawal 1433 H, Mohon Maaf lahir dan Bathin"

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Semangat dua hari Kemerdekaan ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari August 17, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Semangat dua hari Kemerdekaan Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email