February 06, 2012

Hidup Ini Indah

Allah Maha Indah dan amat mencintai keindahan.  Berarti siapapun yang rindu menjadi orang yang dicintai Allah, harus mengenal apa yang namanya keindahan, karena keindahan adalah salah satu jalan agar kita dicintai oleh Allah.

Allah menciptakan dunia ini indah bahkan surga saja diceritakan penuh keindahan.  Lalu mengapa hati yang cuma satu-satunya ini harus kita isi dengan kejelekan? Jelek itu tidak pernah bersatu dengan keindahan.  Kalau alam ini indah dan hati kita mencintai keindahan, niscaya akan terpancar pribadi yang indah.  Rasulullah SAW juga ternyata indah.  Dan yang paling mengesankan adalah pribadinya yang indah.  Sekarang bagaimana keindahan itu ada pada diri kita?

Keindahan itu lekat dengan sesuatu yang bersih.  Ada orang yang bersih tapi hatinya busuk dijamin tidak akan indah.  Maka siapapun yang ingin tampil indah, perkataan yang harus selalu ditanyakan, saya bersih atau tidak? "Amat beruntung orang yang gigih mensucikan dirinya dan merugi orang yang mengotorinya".  Sekarang kita lihat dulu apa komponen yang penting dari keindahan dan kebersihan.

1. KESABARAN
Orang yang sabar adalah orang yang indah dalam hidupnya.  Mereka percaya semua milik Allah dan akan kembali kepadanya.  Sabar dalam hal apa? Sabar dalam taat kepada Allah.  Kalau kita ingin melihat kesabaran kita, lihat ketika datang hantaman pertama.  Jika kita tetap tenang, Insya Allah kedepannya lebih mantap.  Pendek kata keindahan akrab dekat dengan kesabaran.  Tidak punya kesabaran hilang segala keindahan.

2. KELEMBUTAN
Tiadalah kelembutan itu akan timbul kecuali dalam keindahan. Kekasaran hanya akan membawa kepada sesuatu yang tidak indah bahkan menghasilkan kekasaran baru.  Rasulullah SAW adalah seorang petarung yang baik.  Tapi peperangan dan pertempuran yang dahsyat tidak merubah kehalusan budi pekertinya. Keindahan apappun akan hilang jika dibumbui dengan sikap, perilaku dan kata-kata kasar.  Ingat dua minggu yang lalu pendamping "DIAM ITU EMAS" adalah 4 S yaitu : Senyum, Salam, Sapa dan Santun.  Marilah kita upayakan kelembutan itu bagian dari sikap kita.

3. IKHLAS
Makin ikhlas, makin bersih hati, makin putus harapan selain kepada Allah SWT.  Orang yang i ikhlas berbuat sekecil apapun kebaikan, Allah yang akan membesar-besarkannya, menurut Imam Ali, Insya Allah orang yang ikhlas dia akan puas dengan apa yang dilakukan, bukan puas dengan apa yang didapatkan.

4. MENGAMALKAN SUNNAH
Keindahan itu lekat kepada orang yang paling banyak mengamalkan sunnah-sunnah rasul sesudah yang fardhu.  Amalan fardhu itu bagai bangunan yang kokoh tiang, pondasi dan bangunan.  Tapi bangunan ini jadi lndah sesudah dicat, keramiknya bersih, pakai taman, pakai pagar, inilah amalan-amalan sunnah.  Kita menunaikan yang fardhu Insya Allah kita menjadi pribadi yang kokoh tapi dengan amalah yang sunnah jadi pribadi yang kokoh dan indah.

Oleh karena itu kita harus mempelajari perihal kehidupan Nabi SAW, sampai kepada hal yang sekecil-kecilnya.  Lambat laun pribadi kita akan jadi indah. Mulai sekarang miliki buku tentang Nabi Muhammad, pelajari bagaimana perilaku keseharian beliau semasa hidup dan amalkan, niscaya akan makin tenang dan indah batin kita. Insya Allah.

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Hidup Ini Indah ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari February 06, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Hidup Ini Indah Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email