October 28, 2011

Hadiah Sitelink (tautan situs) dari Google.

Ada apa dengan sitelink, sehingga saya harus menuliskannya disini, karena blog ini sebenarnya dari awalnya saya pergunakan untuk menuangkan pikiran pribadi ( blog personal). Tentang sitelink, sudah banyak blog yang menuliskan postingan dengan sangat detail tentang sitelink  dari A sampai Z, jadi saya bukan datang untuk menyempurnakan tulisan mereka, Karena saya tidak punya kemampuan seperti itu, akan tetapi sebagian besar  tulisan  yang membahas tentang sitelink baik yang ada di blog atau pun di situs langsungnya google, semua itu menjadi sumber referensi saya untuk menulis disini, walaupun harus diakui itu jauh dari sempurna. Pada kenyataannya bahwa saya menulis tentang sitelink hanya sekedar berbagi cerita tentang bagaimana perasaan dan proses yang saya lakukan sehingga blog saya Mendapatkan Sitelink.

Pada tanggal 17 oktober lalu ketika saya membuka blog ini, dengan iseng-iseng mengetikan alamat lengkap dari blog ini, tanpa punya  prangsangka  apa-apa sekedar mengecek postingan terbaru saya, apakah sudah terindex oleh mesin pencari atau tidak, tetapi ketika hasil pencarian selesai, saya melihat ada beberapa link di bawah link homepage blog saya, dan saya sudah tau bahwa sedikit bahwa itu yang dimaksud dengan sitelink, tapi saya belum terlalu mengerti maksud dari link-link tersebut, walaupun sa
ya sudah membaca beberapa tulisan tentang sitelink , yang  saya pertanyakan pada saat itu, kok bisa ya blog seperti blog saya Dapat Sitelink dan apa alasan sang mesin pencari memberikan sitelink kepeda blog saya

Blog saya buat pada tanggal 27 agustus dan mendapat sitelink pada  tanggal 17 oktober, jadi  butuh waktu sekitar 1 bulan 20 hari, ya merupakan waktu yang agak singkat di bandingkan dengan beberapa blog teman dan pernah bicara langsung dengan saya, bahkan  beberapa blog mendapatkannya dalam waktu yang agak lama, ada yang sampai satu tahun, tapi ada juga yang hanya satu bulan sudah mendapatkan site link. Merupakan itu kebanggaan tersendiri dapat sitelink tersebut,  karena saya merasa bahwa optimasi yang saya lakukan jauh dari  memuaskan.


Akan tetapi Sitelinks juga pada suatu blog atau website memiliki kekuatan sendiri2 terhadap keywords. Jika kita mengetikkan url dan muncul sitelinks, maka itu adalah awal. Dan ini bisa diatasi sesuai pengalaman saya dengan memperkuat dengan identitas/keyword yg lain agar blog lebih kuat dalam keyword yg lain, tanpa mengandung url  sehingga sitelinks tidak hanya dimunculkan pada url/nama domain saja sebagai keyword pencarian.
Bagi saya sendiri, sitelinks dari google juga bisa menambah prestise sebuah situs/blog, walaupun hal ini masih bersifat subyektif. Namun jika dikaitkan dengan pengaruhnya terhadap trafik, menurut saya belum tentu akan berkorelasi positif. Artinya, situs/blog yang memperoleh ‘sitelinks’ dari google belum tentu akan lebih tinggi trafiknya daripada situs/blog yang tidak memperoleh. 

Tetapi 
Apa sebenarnya yang dimaksud dengan sitelink dan apa fungsi dari Sitelink itu sendiri  menurut google bahwa sitelink adalah:

“ The links shown below some of Google's search results, called sitelinks, are meant to help users navigate your site. Our systems analyze the link structure of your site to find shortcuts that will save users time and allow them to quickly find the information they're looking for. We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If the structure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user's query, we won't show them.

At the moment, sitelinks are automated. We're always working to improve our sitelinks algorithms, and we may incorporate webmaster input in the future. There are best practices you can follow, however, to improve the quality of your sitelinks. For example, for your site's internal links, make sure you use anchor text and alt text that's informative, compact, and avoids repetition.

If you think that a sitelink URL is inappropriate or incorrect, you can demote it. Demoting a URL for a sitelink tells Google that you don't consider this URL a good sitelink candidate for a specific page on your site. Google doesn't guarantee that demoted URLs will never appear as a sitelink, but we do consider a demotion a strong hint that we'll try to honor when generating sitelinks”

Terjemahan bebasnya kira-kira seperti ini :
“ Link ditampilkan di bawah link homepage, pada beberapa hasil pencarian Google, yang disebut tautan situs, dimaksudkan untuk membantu pengguna menavigasi situs Anda. Sistem kami menganalisis bahwa struktur link dari situs Anda, menemukan jalan pintas yang akan menghemat waktu pengguna dan memungkinkan mereka untuk dengan cepat menemukan informasi yang mereka cari.

Kami hanya menampilkan tautan situs untuk hasil pencarian  bila kita berpikir mereka akan berguna bagi pengguna. Jika struktur situs Anda tidak mengijinkan algoritma kami menemukan tautan situs yang baik, atau kita tidak berpikir bahwa tautan situs untuk situs Anda yang relevan untuk query pengguna, kita tidak akan menunjukkan kepada mereka. 

Saat ini, tautan situs yang otomatis. Kami selalu berusaha untuk memperbaiki algoritma tautan situs kami, dan kami dapat menggabungkan masukan webmaster di masa depan. Ada praktik terbaik yang dapat Anda ikuti, namun, untuk meningkatkan kualitas tautan situs Anda. Sebagai contoh, untuk link internal situs Anda, pastikan Anda menggunakan jangkar teks dan alt teks yang informatif, kompak, dan menghindari pengulangan.

Jika Anda berpikir bahwa sitelink URL tidak tepat atau tidak benar, Anda dapat menghilangkan tautan situs tersebut. Menghilangkan URL untuk tautan situs dengan  memberitahu Google bahwa Anda tidak menganggap URL sitelink ini  baik untuk halaman tertentu di situs Anda, akan tetapi Google tidak menjamin bahwa URL dihilangkan sepenuhnya  tetapi tidak akan pernah muncul lagi sebagai sitelink, tapi jangan menganggap bahwa penghilangan tautan situs tersebut  sebagai  penghilangan petunjuk kuat terhadap sebuah situs, bahwa kami  akan mencoba untuk menghormati saat membuat tautan situs ”

Dari pernyataan dari pihak google di atas, mungkin kita bisa mengambil kesimpulan sementara tentang arti dan fungsi dari sitelink.
  1. Bahwa sitelink adalah link yabg terdapat dibawah link  website/blog utama (link homepage) yang berisi link yang mengarah/menavigasikan pada suatu label atau halaman suatu blog atau website.
  2. Google memberikan sitelink pada suatu situs atau blog, karena menganggap bahwa website/blog tersebut bisa/mudah dijelajah dan sesuai dengan algoritma dari mesin pencari.
  3. Suatu blog dianggap akan memudahkan pembaca untuk menjalajah suatu website/blog, sehingga sitelink tersebut ditampilkan, dan pada hakekatnya, bhwa semua website/blog mempunyai sitelink dan mesin pencari mempunyai pertimbangan tersendiri untuk menampilkannya atau tidak
  4. Dan kita juga bisa meminta kepada google untuk tidak menampilkan sitelink jika kita menganggap bahwa sitelink tersebut malah membuat binggung orang akan menjelajahi situs kita atau dianggap tidak relevan untuk pencarian suatu infiormasi dalam suatu web atau blog tersebut
Itu beberapa point yang bisa kita tarik sebagai  kesimpulan  tentang apa dan fungsi sebuah sitelink, baik dari sisi pembaca website/blog ataupun dari sisi search engine, walaupun itu hanya sebuah analisa relatif dari pernyataan google tersebut, dan yang lebih tahu dengan tepat kenapa suatu blog diberikan sitelink, ya tentu para insiyur di google itu sendiri.

Menurut pengalaman saya, cara untuk mendapatkan sitelink  diantaranya:


  1. Blogwalking  setiap hari.
  2. Mensubmit blog kita ke beberapa search engine dan directory blog.
  3. Membuat  postingan secara teratur  di blog dan usahakan minimal 3 kali seminggu dan lebih baik lagi jika 1 atau 2 postingan dalam sehari dengan interval waktu 6 jam setelah memposting tulisan pertama, serta melakukan Ping setiap kali selesai membuat postingan baru.
  4. Membuat postingan original, maksudnya bahwa postingan kita merupakan hasil pikiran sendiri bukan hasil copy paste sepenuh hati/copas habis-habisan, kalau belum mampu untuk membuat postingan original, usahakan agar kita mencantumkan sumber postingan kita.
  5. Membuat templet blog kita user friendly, mudah dijelajahi oleh pembaca dan mesin pencari.
  6. Mencari baclink untuk blog kita, backlink bisa diartikan sebagai vote blog kita dari suatu web atau blog, sehingga makin banyak backlink makin populer blog kita dimata  search engine.
Tapi kalau untuk tulisan tentang pengalaman mendapatkan sitelink yang menurut saya baik untuk jadi referensi silahkan baca di  Raytkj Blog, tetapi kalau ingin membaca tentang sitelink yang lebih lengkap dan lebih objektif, bisa dibaca di blognya Kang Azmi. Demikianlah tulisan ini, mudah-mudahan tulisan sederhana ini membuat saya lebih bersemangat dan termotivasi dalam melakukan aktivitas blogging,  dan menjadi blogger yang bermanfaat untuk diri dan orang lain. Amin

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Hadiah Sitelink (tautan situs) dari Google. ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari October 28, 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Hadiah Sitelink (tautan situs) dari Google. Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

14 comments:

  1. Selamat buat mas dan terimakasih atas pengulasannya, jadi lebih mengerti,. dan syukurnya saya juga dapat :)

    ReplyDelete
  2. @Remix-7@
    Salam.
    Hanya sekedar berbagi pengalaman yg sy anggap menarik, krn bgi seorg pemula yg baru memasuki dunia yg baru, semua hal akan terlihat menarik, dan saya tak ingin melewatkan perasaan2 seperti itu dengan menuliskannya, yg mungkin saja dimasa depan menjadi nostalgia yg ingin di kenang lagi. klw pun ada yg menganggap bahwa ada pengetahuan yg obyektif didalamnya, saya sgt bersyukur dan berterima kasih atas apresiasi seperti itu.
    salam.

    ReplyDelete
  3. Memang sitelink diperuntukkan untuk memudahkan surfer mengakses halaman yang ingin mereka tuju pada site kita. Suatu kemudahan bagi pengunjung. Bagi kita sendiri sebagai pemilik blog, ini menunjukkan bahwa top landing page kita memang bisa di baca oleh google. Namun walaupun begitu, biarlah itu menjadi urusan google. Urusan kita tetep..hobby ngeblog...hehe. Happy blogging Sob

    ReplyDelete
  4. @Iskandar Aruji@
    salam.
    Betul itu bang, dan memang dari awal saya buat blog untuk menuangkan pikiran2 saya, jadi mau dianggap oleh google atau tidak, g jadi masalah, yang penting tetap menulis di blog sebagai bagian dari cara aktualisasi dan ekspresi diri dengan cara yang lebih positif dan bermanfaat.
    salam.

    ReplyDelete
  5. wahh udah dapet sitelink nih sob,, selamat ya,, semoga makin rame dan sukses blognya,, hehehe

    ReplyDelete
  6. @Rama88@
    salam.
    Thank,s ya bro atas motivasi dan semangatnya, sukses selalu untuk kita semua dan tetap happy blogging.
    salam.

    ReplyDelete
  7. terima kasih follow.salam dari Malaysia ya :) saya dah follow kamu juga

    ReplyDelete
  8. selamat yach sob, karena sudah mendapat sitelink dari google.... sukses selalu sobat,,

    salam kenal..

    ReplyDelete
  9. @Asis Sugianto@
    salam kenal balik bro.
    Thank,s mbro atas apresiasi dan motivasinya, semoga kita semua bisa menjadi blogger yang bermanfaat dan selalu happy blogging.
    Salam.

    ReplyDelete
  10. @Miss Eiza@
    salam.
    Salam kenal ya.
    semoga tetap akrab dan menjalin silaturahmi antara teman2 blogger di Malaysia dengan teman3 blogger di Indonesia, semoga jarak dan kebangsaan tak menjadikan kita tak saling menyapa.
    salam.

    ReplyDelete
  11. selamat sob, Anda mendapatkan sebuah award ..
    silahkan di ambil yaCh ... thank's :)

    http://drisingstar.blogspot.com/2011/10/shinobi-give-award.html

    ReplyDelete
  12. @Error Shinobi@
    Salam.
    Thank's bro atas awardnya, saya sangat tersanjung atas pemberian award tersebut, dan ini award yang saya terima pertama kali, dengan harapan bahwa award tersebut bisa memacu saya untuk lebih kreatif dan termotivasi untuk memberikan sumbangsih yg terbaik, mudah-mudahan juga dengan award ini bisa lebih mengakrabkan sekaligus jalan untuk menjalin silaturahmi antara sesama blogger, terlebih lagi kepada pemberi award.
    salam.

    ReplyDelete
  13. Senang nih :D
    selamat yah mas :D pageranknya udah mantap nih :D

    ReplyDelete
  14. @The Green Boy@
    Salam kenal.
    Pagerank blog aku Masih N/A, baru sitelink yg udh dapat, itu pun belum maksimal, walaupun begitu tetap untuk semangat blogging, krn blogging is happy. sukses untuk kita semua.
    salam.

    ReplyDelete

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email