September 02, 2011

Tips Memilih Sekolah

Jika kamu- kamu pengin nglamjuti studi ke jenjang lebih tinggi setelah SMU,ada banyak pilihan. Nggak cuman di PT negeri, tapi bisa juga ke lembaga-lembaga pendidikan non formal setingkat PT yang sekarang menjamur. Misalnya ke Lembaga pelatihan ketrampilan (LPK), program ektension, kursus, dst. Yang pasti kamu musti pandai-pandai memilih biar nggak salah. Bagaimana caranya? Beberapa kiat berikut mungkin bias jadi panduan kamu.
1 Cari informasi
Himpun informasi sebanyak-banyaknya tentang sekolah. Misal namanya, lokasinya, status, (akreditasi, terdaftar, disamakan, dll) program studi yang diselenggarakan , staf pengajar, kurikulum, biayanya, dll. Kalo perlu sejarah berdirinya, alumnusnya, dan prospek setelah lulus dari sekolah tersebut. Ini akan sangat membantu kamu untuk memilih sekolah sesuai minat dan kemampuan kamu. Misalnya sebisa mungkin pilih sekolah yang akredetasinya minimal diakui, kurikulumnya bagus dan alumnusnya juga okey. Soal lokasi makin dekat dengan tempt tinggal juga makin baik. Biar hemat ongkos jalan.
2. Kenali minat dan kemampuan kamu
Kamu harus bisa mengidentifikasi, kira-kira kamu cocok di bidang apa. Misal, kalau cenderung suka tehnologi kamu bisa ambil bidang informatika, atau komputasi. Atau lebih suka manajemen, akuntansi, masak-memasak, desain grafis, dll. Emang sih, sebetulnya semua orang punya potensi sama untuk mengembangkan diri di bidang apapun. Tapi, biar profesional, kamu musti memfokuskan diri pada satu bidang keahlian tertentu. Dan, bidang apa yang kamu pilih, tentu kamu yang paling tahu kemampuanmu. Jangan maksain sekolah di bidang yang kamu nggak bisa, atau nggak suka. Dan, nggak ada salahnya kamu minta pertimbangan ortu, kakak, kaka kelas ato sodara kamu. Mereka kan lebih pengalaman, jadi gambaran soal profesi barang kali lebih detil.
3. Sesuaikan dengan kondisi keuangan.
Memilih sekolah, juga jangan asal bonafit aja . Ukur juga kemampuan keuangan kamu (ortu). Jangan sampe udah masuk sekolah, terus mandek gara-gara keuangan seret. Pilih sekolah yang terjangkau saja. Jangan karena menuruti gengsi, kamu maksain diri masuk sekolah mahal. Bisa-bisa stres sendiri karena tekanan batin, nggak bisa ngikutin gaya borju sekolah itu. Yang penting, jangan pilih sekolah yang asal murah, tapi mutu tidak terjamin. Pilih yang kira-kira seimbanglah, antara kualitas dan biaya. Biaya pendidikan ini juga harus kamu prediksikan betul dan disiapkan sebaik-baiknya. Kalo merasa tidak mampu tapi ngebet sekolah, nggak ada salahnya kamu nyari beasiswa, ortu asuh, atau nyari sekolah yang ikatan dinas. Lumayan lho, selain dijamin kerja, biaya juga ditalangin. 
4. Jangan mudah tergiur promosi.
Biasanya, masin-masing sekolah atau lembaga pendidikan punya beragam strategi untuk menjaring murid. Misalnya jaminan kerja setelah lulus, jaminan beasiswa sekian persen, lulusannya selalu diserap lapangan kerja, berafiliasi dengan sekolah terkenal di luar negeri, lulus dengan cepat, dll. Kamu musti teliti betul, benarkah slogan-slogan tersebut, apa hanya retorika semata. Jika sesuai fakta sih, nggak masalah. Tapi kalo sekadar slogan, hati-hati. Karena, pendidikan sekarang hampir semuanya komersil alias mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Makanya, mereka berlomba-lomba promosi besar-besaran. Nah, selamat menjadi mahasiswa!

By : Anonim
           

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Tips Memilih Sekolah ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari September 02, 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Tips Memilih Sekolah Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email