September 02, 2011

Cara Belajar Efektif

Langkah-langkah belajar efektif adalah mengetahui  diri sendiri  kemampuan belajar anda  proces yang berhasil anda gunakan, dan dibutuhkan  minat, dan pengetahuan atas mata pelajaran anda inginkan  Anda mungkin belajar fisika dengan mudah tetapi tidak bisa belajar tenis, atau sebaliknya. Belajar apapun, adalah proces untuk mencapai tahap-tahap tertentu.

Empat langkah untuk belajar. 
Mulai dengan cetak halaman ini dan jawab pertanyan-pertanyaannya.  Lalu rencanakan strategi anda dari jawaban-jawabanmu, dan dengan "Pedoman Belajar" yang lain. 


Bagaimanakah pengalaman anda tentang cara belajar?  
  • senang membaca?

  • memecahkan masalah?

  • menghafalkan? 

  •  bercerita?

  • menterjemah?

  • berpidato?

  • mengetahui cara menringkas?

  • tanya dirimu sendiri tentang apa yang kamu pelajari?

  • meninjau kembali?

  • punya akses ke informasi dari banyak sumber?

  • menyukai ketenangan atau kelompok belajar?

  • memerlukan beberapa waktu belajar singkat atau satu yang panjang?

  • Apa kebiasaan belajar anda?

  • Bagaimana tersusunnya?

  • Yang mana terbaik?

  • terburuk?

  • Bagaimana anda berkomunikasi dengan apa yang anda  ketahui belajar paling baik?

  • Melalui ujian tertulis, naskah, atau wawancara?

Teruskan  ke masa sekarang
  •  Berminatkah anda? 

  • Berapa banyak waktu saya ingin gunakan untuk belajar?

  • Apa yang bersaing dengan perhatian saya?

  • Apakah keadaannya benar untuk meraih sukses?  

  • Apa yang bisa saya kontrol, dan apa yang di luar kontrol saya? 

  • Bisakah saya merubah kondisi ini menjadi sukses?  

  • Apa yang mempengaruhi pembaktian anda terhadap pelajaran ini?

  • Apakah saya punya rencana? Apakah rencanaku mempertimbangkan pengalaman dan gaya belajar anda?    

Pertimbangkan proses,  persoalan utama
  • Apa judulnya?

  • Apa kunci kata yang menyolok?   

  • Apakah saya mengerti?

  • Apakah yang telah saya ketahui? 

  • Apakah saya mengetahui pelajaran sejenis lainnya? 

  • Sumber-sumber dan informasi yang mana bisa membantu saya?

  • Apakah saya mengandalkan satu sumber saja (contoh, buku)?

  • Apakah saya perlu mencari sumber-sumber yang lain?

  • Sewaktu saya belajar, apakah saya tanya diri sendiri jika saya mengerti?  

  • Sebaiknya saya mempercepat atau memperlambat? 

  • Jika saya tidak mengerti, apakah saya tanya kenapa?

  • Apakah saya berhenti dan meringkas? 

  • Apakah saya berhenti dan bertanya jika ini logis?  

  • Apakah saya berhenti dan mengevaluasi (setuju/tidak setuju)? 

  • Apakah saya membutuhkan waktu untuk berpikir dan kembali lagi? 

  • Apakah saya perlu mendiskusi dengan "pelajar-pelajar" lain untuk proces informasin lebih lanjut?

  • Apakah saya perlu mencari "para ahli", guruku atau pustakawan atau ahliawan? 

Buat  review
  • Apakah kerjaan saya benar?  

  • Apakah bisa saya kerjakan lebih baik? 

  • Apakah rencana saya serupa dengan "diri sendiri"?

  • Apakah saya memilih kondisi yang benar?

  • Apakah saya meneruskannya; apakah saya disipline pada diri sendiri? 

  • Apakah anda sukses?

Apakah anda merayakan kesuksesan anda? Halaman ini digambarkan dari "metacognition", istilah yang diciptakan oleh Flavell (1976), dan disampaikan oleh banyak orang. Sumber-sumber tambahan telah dikembangkan oleh SNOW (Special Needs Opportunity Windows), suatu project yang menargetkan pada pendidik-pendidik bantuan di http://snow.utoronto.ca/llreadings/.

Oleh : Henry Brooks Adams

Ditulis Oleh : Beck Inspiration

Artikel Cara Belajar Efektif ini ditulis oleh Beck Inspiration pada hari September 02, 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Cara Belajar Efektif Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

Jaringan Pertemanan

inet.detik