August 27, 2011

Kunci Ingatan Tajam

Lomba mengingat yang diadakan setiap tahun di London, telah menghasilkan orang-orang dengan daya ingat luar biasa. Para pemenang The World Memory Championships ini mampu mengenali dan mengingat nama 99 orang yang belum dikenal sebelumnya, menghapal puisi panjang, angka 4.000 digit, 400 kata yang diberikan secara acak, dan 52 jenis kartu permainan. 

Penasaran dengan kemampuan itu, ahli saraf Eleanor Maguire dari University of College London mengamati cara kerja otak mereka dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI). Ternyata, kunci kemampuan mereka tidak berdasarkan pada IQ yang tinggi, pendidikan yang lebih baik, atau struktur otak yang berbeda. 

Mereka dengan mudah mengenal dan mengingat obyek dengan cara mengasosiasikan setiap benda dengan suatu citra tertentu. Misalnya saat mereka diminta membedakan jenis-jenis kepingan salju. Buat orang biasa, kepingan salju apa pun tak terlihat bedanya, tetapi para pemenang lomba memori langsung mengingat bagian-bagian spesifik pada setiap keping salju dan mengasosiasikannya dengan citra lain seperti manusia atau hewan.

Sumber :
kompas.com

Ditulis Oleh : Ahmad Bakri

Artikel Kunci Ingatan Tajam ini ditulis oleh Ahmad Bakri pada hari August 27, 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Kunci Ingatan Tajam Dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk teman blogger yang sudah sudi berkomentar di Blog ini :)


Tinggal Jejak Di Sini atau di kotak Komentar..!!

KOMPAStekno

About Me

My photo

I am Learning a Long life

Jaringan Pertemanan

inet.detik

Follow by Email